Contoh dan Cara Membuat Surat Pengalaman Kerja

Contoh dan Cara Membuat Proposal Usaha

Posted on

Contoh dan Cara Membuat Proposal Usaha – Banyak orang yang ingin membangun usaha namun terkendla dengan modal. Modal merupakan suatu hal yang penting untuk membangun suatu usaha ataupun untuk mengembangkan usaha atau bisnis. Kebanyakan orang akan meminjam modal ke bank untuk modal namun terkendala dengan peraturan dan kadang mereka takut untuk meminjam. Kebanyakan orang yang berhasil mereka menjalin kerjasama dengan investor, akan tetapi dalam menjalin kerjasama maka perlu disiapkan sebuah proposal usaha untu mencari modal dengan investasi.

Contoh dan Cara Membuat Surat Pengalaman Kerja

Kendala paling umum ialah ketidaktahuan bagaimana cara untu membuat proposal yang baik dan benar. Maka dari itu kami akan menjabarkan tentang cara dan contoh untuk membuat proposal usaha yang baik dan benar.

Unsur – unsur Dalam Proposal Usaha

A. BAB Pendahuluan

Dalam bab ini merupakan perkenalan dimana anda akan menguraikan latar belakang dari usaha anda, visi dan misi serta gambaran usaha yang akan anda jalankan dan termasuk juga bagaimana keadaan pasar saat ini.

B. Profil Badan Usaha

loading...

1. Jenis Usaha
Jelaskan tentang jenis usaha seperti apa yang ingin anda jalankan dengan singkat. Anda bisa menjalaskannya dengan bentuk list atau uraian singkat. Lalu sebutkan Dengan singkat model bisnisnya.

2. Nama Perusahaan

Nama perusahaan ialah branded yang akan di ingat oleh pelanggan anda. Maka anda harus tentukan nama perusahaan anda dan tulis di dalam proposal usaha.

3. Lokasi

Salah satu hal yang sangat penting dalam berbisnis ialah pemilihan lokasi. Terlebih bila anda menjualnya secara langsung maka pemilihan lokasi ialah hal mutlak yang harus anda perhatikan, tulislah lokasi dimana perusahaan anda, lalu buat peta atau denah. Anda dapat menggunakan google maps yang kini sangat memudahkan kita dalam membaut denah suatu lokasi.

C. Struktur Organisasi Perusahaan

Setiap perusahaan mempunyai struktur organisasinya masing – masing, apakah anda berdiri sendiri atau anda membentuk satu sistem yang membuat perusahaan anda berjalan dengan satu sistem kerjasama antara owner dengan karyawan, bila perusahaan anda mempunyai sistem manajerial keorganisasian maka sebutkan mulai dari Pemilik usaha, manager atau pengelola, marketing, HRD dan seterusnya.

D. Produk Perusahaan

1. Jenis produk

Produk merupakan nyawa bisnis, jika anda tidak mempunyai produk yang anda jual maka anda jelas tidak dapat menjalankan bisnis. Untuk itu anda harus menyebutkan jenis produk apa yang anda produksi.

2. Pembuatan produk

Pembuatan produk ialah bagaimana cara pembuatan produk anda.

3. Keunggulan produk

Coba anda sebutkan keunikan dari produk anda, keunggulan produk sampai nilai plus produk anda.

E. Target Pasar

Sebagai tambahan anda harus menyebutkan siapa yang anda jadikan target pasar anda. Warga di daerah mana dan umur berapa serta kalangan yang mana. Contohnya, daerah kota z, untuk usia anak-anak dari kalangan menengah ke bawah.

F. Promosi dan Pemasaran

Dalam BAB ini anda harus menjelaskan tentang strategi pemasaran yang anda lakukan dan promosinya.

G. Laporan Keuangan

1. Alokasi dana

Ini ialah rancangan kebutuhan dana dan pengeluaran dana yang akan anda gunakan untuk usaha anda.

2. Perhitungan laba

Buat perhitungan secara logis dan realistis tentang keuangan anda, target laba rugi, ancaman resiko dan lain sebagainya.

3. Perhitungan bagi hasil

Setelah semua unsur diatas selesai, maka anda harus menentukan berapa rasio bagi hasil yang akan anda tetapkan. Bagaimana anda menentukan rasio bagi hasil tergantung dari resiko usaha, semakin kecil resiko usaha maka semakin kecil pula pendapatan yang diberikan kepada investor dan sebaliknya.

H. Penutup

Penutup berisi kata-kata terakhir anda untuk meyakinkan investor pada anda, mengetuk hati investor anda agar lebih tertarik dan doa serta harapan anda atas proposal yang anda ajukan. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih atas kesediaanya membaca proposal anda.

I. Lampiran

1. Biodata pemiliki usaha
2. Surat perjanjian
3. Surat Ijin Usaha
4. Sertifikat Usaha atau kepelatihan

Unsur – unsur diatas ialah unsur pokok yang umunya di gunakan untuk membuat proposal usaha yang baik dan benar.

Selain itu, buatlah proposal anda dengan acuan sebagai berikut:

1. Ukuran tulisan 12 pt
2. Spasi 1,5
3. Kertas A4
4. Cover mika

Contoh Proposal Usaha

PENJUALAN PAKAN AYAM DAN IKAN

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Kami mengangkat usaha pakan ayam dan ikan ini karena terdapat beberapa faktor yakni karena banyak orang yang mempunyai kegemaran memelihara hewan tersebut, terutama daerah pinggir kota atau perkampungan. Usaha penjualan pakan hewan ini tidak banyak atau sangat jarang. Tujuan dari usaha kami lebih ditekankan untuk memudahkan para pecinta hewan ternak untuk memenuhi kebutuhan makanan hewan mereka.

1.2 Visi dan Misi

a. Visi
Menjadi sebuah toko usaha pakan ayam dan ikan yang maju dan menjadi pilihan utama bagi para pelanggan kami.

b. Misi
– Berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pasar.
– Peduli pada kepentingan makhluk hidup lainnya serta lingkungannya.
– Meningkatkan rasa cinta pada hewan peliharaan sepertiayam dan ikan.
– Menambah serta membentuk suatu komunitas pecinta hewan.
-Membentuk lingkungan yang asri.

1.3 Tujuan dan Manfaat

a. Tujuan

– Proposal ini dibuat untuk memenuhi tugas mata kuliah kewirausahaan.
– Sebagai penilaian atas pemahaman serta praktek dari tugas mata kuliah yang termasuk mata kuliah softskill.
– Inisiatif bagi para wirausaha sebagai pemilik usaha dalam membuka usaha.
– Langkah untuk memajukan kehidupan masyarakat dan memperbaiki taraf ekonomi masyarakat.
– Menjadikan para mahasiswa untuk lebih kreatif dan inovatis tentang berwirausaha.
– Melatih para mahasiswa supaya dapat berwirausaha dengan baik.
– Menambah sebuah pengalaman dan pengetahuan tentang berwirausaha.
– Berguna untuk melakukan kerjasama mengenai wirausaha.
– Dapat membuka sebuah lapangan kerja baru bagi masyarakat.

b. Manfaat

Proposal ini kami buat supaya bermanfaat, seperti untuk bahan belajar mandiri dalam mengisi waktu luang saat kulia, dan juga dapat bermanfaat bagi:
– Membantu para wirausaha untuk mengembangkan usaha dan menguji strategi serta hasil yang diharapkan dari sudut pandang pihak lain atau investor.
– Membantu para wirausaha untuk dpat berfikir kritis dan objektif atas bidang usaha yang akan dijelaskan.
– Sebagai suatu alat komunikasi dalam memaparkan serta meyakinkan gagasan pada pihak lain.
– Membantu dalam meningkatkan keberhasilan para wirausaha.

KEGIATAN USAHA

2.1 Modal

Dalam proses usaha yang kami buat, kami membutuhkan modal awal untuk usaha sebesar Rp. 3.500.000 yang sudah saya dapatkan dari beberapa investor. Semoga modal yang kami dapatkan cukup untuk memenuhi kebutuhan usaha kami.

2.2 Lokasi

Nama tempat usha kami ialah “TOko Sejahtera” yang berlokasi di Kampung Sukadamai RT? 01/08 Kelurahan Metro Kecamatan Natar Lampung Selatan. Menurut saya lokasi ini sangat cock karena letaknya yang strategis, dipinngir jalan utama dan pasar, sangat mudah ditemui oleh orang-orang karena banyak orang yang melewati jalan ini dan tepat didepan toko. Masyarakt disini yang juga banyak yang memelihara ayam dan ikan dan saat ini mereka jauh jika ingin membeli pakan untuk peliharaan mereka tersebut, maka dengan toko ini mereka dapat dengan mudah untuk membeli pakan bagi ternak mereka.

2.3 Pemasaran

Dalam kegiatan pemasaran produk yang kami jual, kami memasang barang yang kami jual dalam etalse kaca yang kami letakkan di depan toko sehingga orang-orang dapat mengetahui apa saja yang kami jual. Kami juga memasang banner ikaln ukuran 1 x 1 m yang kami letakkan ditiang depan toko dan banner ukuran 2 x 1 m yang kami letakkan di depan toko kami. Saran kami masyarakat yang berlalu lalang di depan toko juga para pendatang yang pasti melewati toko kami.

PERENCANAAN KEGIATAN

3.1 Alat

1. Etalase Kaca
2. Plastik Go Green
3. Barang-barang yang akan dijual
4. Banner ukuran 1 x 1 m dan 2 x 1 m

3.2 Rencana Kegiatan

(Slahkan buat rincian nama barang, banyak barang, harga satuan yang terdiri dari harga beli dan herga jual, total harga, total laba dan keterangan)

Alat-alat:

Etalase kaca: Rp. 800.000
Palstik Go Green: 350.000
Total: 1.150.000

Total alat-alat + total produk = biaya produksi
Rp. 1.150.000 + Rp. 1.850.000 = Rp. 3.000.000

PENUTUP

4.1 Kesimpulan

Berwiarusaha ialah kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melakukan sebuah usaha. Sebuah peluang kita dalam usaha merupakan kemampuan pribadi sebagaimana kita mempunyai sifat percaya diri, berani mengambil resiko, kepemimpinan, tekun dan jujur serta rasa selalu ingin berusaha untuk berprestasi dan unggul dalam memasarkan produk.

4.2 Kata Penutup

Demikian proposal ini kami buat, semoga dapat menjadi sebuah acuan dan tambahan pertimbangan dalam mendirikan suatu usaha. Untuk itu kami berharap dukungan dan peran dari semua pihakdalam membentuk usaha ini. Terima kasih.

Itulah sekilas penjelasan tentang Contoh dan Cara Membuat Proposal Usaha, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


loading...