9 definisi operasional menurut para ahli

9 Definisi Operasional Menurut Para Ahli

Posted on

9 definisi operasional menurut para ahli – Operasional merupakan konsep yang bersifat abstrak untuk memudahkan pengukuran suatu variabel. Atau operasional dapat juga diartikan sebagai pedoman dalam melakukan suatu kegiatan ataupun pekerjaan penelitian. Adapun definisi operasional menurut karakteristik yang diobservasi untuk didefinisikan atau mengubah konsep-konsep yang berupa konstruk dengan kata-kata yang menggambarkan suatu perilaku atau gejala yang diamati, diuji serta ditentukan kebenarannya kepada orang lain.

Definisi dari operasional ialah suatu definisi yang didasarkan pada suatu karakteristik yang bisa diobservasi dari apa yang sedang didefinisikan atau juga “mengubah konsep-konsep yang berupa konstruk dengan kata-kata yang menggambarkan suatu perilaku atau gejala yang bisa diamati serta yang bisa diuji dan ditentukan kebenarannya oleh orang lain.

9 definisi operasional menurut para ahli

a. Pengertian Definisi Operasional Tipe A : bisa disusun berdasarkan pada suatu operasi yang harus dilakukan, sehingga bisa menyebabkan gejala ataupun keadaan yang didefinisikan menjadi nyata maupun dapat terjadi.

b. Definisi operasional Tipe B : bisa disusun berdasarkan pada bagaimana suatu obyek tertentu yang didefinisikan bisa dioperasionalisasikan, ialah berupa apa yang dilakukannya ataupun apa yang menyusun karaktersitik-karakteristik dinamisnya.

c. Definisi operasional Tipe C : bisa disusun berdasarkan pada suatu penampakan seperti apa obyek ataupun gejala yang didefinisikan, ialah apa saja yang menyusun suatu karaktersitik-karaktersitik statisnya.

Pengertian Operasional Menurut Para Ahli

1. Budi Pranata : Pengertian operasional menurut budi pranata ialah kuantitas atau jumlah yang tidak cocok.

2. Husein Umar : Pengertian operasional menurut husein umar ialah penentuan suatu konstruct sehingga menjadi variable maupun variabel-variabel yang dapat diukur.

3. Nursalam : Menurut Nursalam, pengertian operasional ialah definisi berdasarkan karakteristik yang diamati dari suatu yang didefinisikan tersebut.

4. Widjono Hs : Pengertian operasional menurut Widjono Hs ialah batasan pengertian yang dijadikan sebagai pedoman untuk melakukan suatu kegiatan ataupun pekerjaan.

5. Asep Hermawan : Menurut Asep Hermawan, pengertian operasional ialah penjelasan bagaimana kita bisa mengukur variable. Pengukuran tersebut dapat dilakukan dengan angka-angka maupun atribut-atribut tertentu.

6. Hoover : Pengertian operasional menurut Hoover ialah memuat identifikasi sesuatu hal yang bersifat (variabel) sehingga bisa digunakan untuk penelitian (observasi)

7. Rhonda Abrams dan Alice Laplante : Menurut mereka bahwa pengertian operasional ialah aspek yang penting karena tanpanya, maka tidak ada yang dapat dikerjakan.

8. Nani Darmayanti : Pengertian operasional menurut Nani Darmayaanti ialah rumusan tentang ruang lingkup serta ciri-ciri suatu konsep yang menjadi pokok pembahasan dan penelitian suatu karya ilmiah.

9. Walizer dan Wienir : Definisi operasional merupakan seperangkat petunjuk yang lengkap tentang apa yang harus diamati (observasi) serta bagaimana mengukur suatu variabel ataupun konsep definisi operasional tersebut serta bisa membantu kita untuk mengklasifikasi gejala di sekitar ke dalam kategori khusus dari suatu variable.

Itulah sekilas 9 definisi operasional menurut para ahli, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami.

Baca Juga >>>