13 Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli

13 Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli

Posted on

13 Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli – Lingkungan merupakan kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah ataupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut. Lingkungan juga dapat pula diartikan menjadi segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia.

Lingkungan sendiri terdiri dari komponen abiotik dan biotik. Komponen abiotik ialah segala yang tidak bernyawa seperti tanah, udara, air, iklim, kelembaban, cahaya, bunyi. Dan sedangkan komponen biotik ialah segala sesuatu yang bernyawa seperti tumbuhan, hewan, manusia serta mikro-organisme (virus dan bakteri).

Ilmu yang mempelajari lingkungan merupakan ilmu lingkungan atau ekologi. Ilmu lingkungan adalah cabang dari ilmu biologi.

13 Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli

Beberapa pakar lingkungan tidak membedakan secara tegas antara pengertian “lingkungan” dengan “Lingkungan hidup”, baik itu dalam pengertian sehari-hari maupun dalam forum ilmiah. Akan tetapi, yang secara umum digunakan ialah bahwa istilah “lingkungan” (environtment) lebih luas dari pada istilah “Lingkungan hidup” (life Environment). Adapun beberapa pengertian lingkungan dari pakar yang diantaranya sebagai berikut:

Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli

1. Pengertian Lingkungan Menurut Ahmad (1987:3) bahwa lingkungan hidup adalah sistem kehidupan di mana terdapat campur

2. Pengertian Lingkungan Menurut Emil Salim : Lingkungan hidup merupakan segala benda, kondisi, keadaan dan pengaruh yang terdapat dalam ruangan yang kita tempati dan mempengaruhi hal yang hidup termasuk kehidupan manusia.

3. Pengertian Lingkungan Menurut Otto Soemarwoto mengemukakan bahwa dalam bahasa Inggris istilah lingkungan ialah environment. Selanjutnya dikatakan, lingkungan atau lingkungan hidup itu merupakan segala sesuatu yang ada pada setiap makhluk hidup atau organisme serta berpengaruh pada kehidupannya. Contohnya, pada hewan seperti kucing, segala sesuatu di sekeliling kucing dan berpengaruh pada keberlangsungan hidup dari kucing tersebut maka itulah yang dinamakan lingkungan hidupnya. Demikian pula pada suatu jenis tumbuhan tertentu, misalnya pohon mangga atau padi di sawah, segala sesuatu yang mempengaruhi pertumbuhan atau kehidupan dari tanaman tersebut itulah yang dimaksud lingkungan hidupnya.

4. Pengertian Lingkungan Menurut St. Munajat Danusaputra : Lingkungan ialah semua benda dan kondisi termasuk di dalamnya manusia dan aktivitasnya, yang terdapat dalam ruang di mana manusia berada dan mempengaruhi kelangsungan hidup serta kesejahteraan manusia dan jasad hidup lainnya. (Darsono, 1995)

5. Pengertian Lingkungan Menurut JONNY PURBA, Lingkungan hidup ialah wilayah yang merupakan tempat berlangsungnya bermacam-macam interaksi sosial antara berbagai kelompok beserta pranatanya dengan simbol & nilai

6. Pengertian Lingkungan Menurut SRI HAYATI, Lingkungan hidup merupakan kesatuan ruang dengan semua benda dan keadaan mahluk hidup. Yang termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang melangsungkan prikehidupan dan kesejahteraan manusia serta mahluk hidup lainnya

7. Pengertian Lingkungan Menurut PROF. DR. ST. MUNADJAT DANUSAPUTRO, SH. Bahwa Lingkungan hidup sebagai semua benda dan kondisi, termasuk di dalamnya manusia dan tingkah dari perbuatannya, yang terdapat dalam ruang tempat manusia berada dan mempengaruhi hidup serta kesejahteraan manusia dan jasad hidup lainnya.

8. Pengertian Lingkungan Menurut S.J MCNAUGHTON & LARRY L. WOLF Lingkungan hidup merupakan semua faktor ekstrenal yang bersifat biologis dan fisika yang langsung mempengarui kehidupan, pertumbuhan, perkembangan serta reproduksi organisme

9. Pengertian Lingkungan Menurut MICHAEL ALLABY Lingkungan hidup diartikan sebagai: the physical, chemical and biotic condition surrounding and organism.

10. Pengertian Lingkungan Menurut PROF DR. IR. OTTO SOEMARWOTO Lingkungan hidup ialah jumlah semua benda dan kondisi yang ada dalam ruang yang kita tempati yang mempengaruhi kehidupan kita

11. Pengertian lingkungan hidup menurut Soedjono yang mengartikan bahwa “lingkungan Hidup” Sebagai “Lingkungan hidup jasmani atau fisik yang meliputi serta mencakup segala unsur dan faktor fisik jasmaniah yang berada didalam alam. Didalam pengertian ini, maka hewan, tumbuh-tumuhan serta manusia tersebut itu dilihat dan akan dianggap sebagai perwujudan secara fisik jasmani belaka. Dalam hal tersebut “Lingkungan”, dapat diartikan sebagai mencakup lingkungan hidup hewan, tumbuh-tumbuhan dan manusia yang terdapat didalamnya.

12. Pengertian lingkungan hidup menurut Undang-undang No 23 pada tahun 1997 yang menyebutkan bahwa Lingkungan hidup ialah suatu kesatuan ruang dengan seluruh benda, daya, keadaan, serta makhluk hidup yang termasuk manusia dan segala perilakuknya yang bisa mempengaruhi segala kelangsungan peri kehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup yang lainnya.

13. Pengertian lingkungan sendiri terbagi atas 3 (tiga) kelompok dasar yang dimaksudkan dapat memudahkan dalam menjelaskan lingkungan itu. Pertama, Lingkungan fisik atau physical environment yakni segala sesuatu yang ada disekitar manusia dimana terbentuk dari benda meti semisal gunung, kendaraan, udara, air, rumah dll. Kedua, lingkungan biologis atau biological environtment, yaitu segala unsur yang berada pada sekitar manusia yang menyerupai organisme hidup selain yang ada pada diri manusianya itu sendiri semisal binatang-binatang dari yang paling kecil hingga yang paling besar dan tumbuh-tumbuhan yang paling kecil hingga terbesar. Ketiga, lingkungan sosial atau social environtment yakni manusia-mansia yang lain yang berada disekitarnya semisal teman-teman, tetangga-tetangga, orang yang lain belum dikenal) (Amsyari, 1989).

Itulah sekilas penjelasan tentang 13 Pengertian Lingkungan Menurut Para Ahli, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami.

Baca Juga >>>