Perbedaan Bakteri dan Virus Beserta Contohnya

Perbedaan Bakteri dan Virus Beserta Contohnya

Posted on

Perbedaan Bakteri dan Virus Beserta Contohnya – Virus dan Bakteri, tentu yang terlintas dipikaran adalah sumber penyakit. Namun sebenarnya Virus dan Bakteri tidak melulu merupakan sumber dari penyakit. Namun pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas beberapa hal tersebut. Kali ini kita akan membahas perbedaan antara keduanya. Penasaran? Silahkan simak ulasannya berikut ini :

Perbedaan Bakteri dan Virus Beserta Contohnya

Pengertian Bakteri

Bakteri ialah kelompok organisme yang tidak mempunyai membran inti sel. Organisme ini juga termasuk ke dalam domain prokariota yang berukuran sangat kecil (mikroskopik), Bakteri juga memiliki peran besar dalam kehidupan di bumi. Adapun beberapa kelompok bakteri dikenal sebagai agen atau sumber dari penyebab infeksi dan penyakit, sedangkan kelompok lainnya bisa memberikan manfaat dibidang pangan, pengobatan, serta industri. Struktur dari sel bakteri relatif sederhana yaitu : tanpa nukleus/inti sel, kerangka sel, dan organel-organel lain, seperti mitokondria & kloroplas. Hal inilah yang menjadi dasar perbedaan antara sel prokariot dengan sel eukariot yang lebih kompleks.

Pengertian Virus

Virus ialah parasit mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus sendiri bersifat parasit obligat atau Parasit yang tidak bisa hidup tanpa inangnya (Menumpang), hal ini disebabkan karena virus hanya bisa bereproduksi di dalam material hidup dengan memanfaatkan sel inangnya karena virus tidak mempunyai perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri.

Perbedaan Bakteri dan Virus

Dari penjelasan diatas berikut ini kami sajikan beberapa perbedaan antara Bakteri dan Virus, yaitu :

  1. Virus dapat bereproduksi/berkembang biak dengan cara memanfaatkan sel dari makhluk hidup yang dihuninya (Inangnya) karena virus tidak dapat bereproduksi sendiri, dan sedangkan bakteri bisa bereproduksi sendiri dengan cara membelah diri.
  2. Virus bisa mengakibatkan penyakit cacar, demam herpes, kutil, HIV/AIDS, flu, hepatitis, dan penyakit lainnya, dan sedangkan bakteri bisa menyebabkan penyakit tifus, tetanus, TBC, kolera, radang tenggorokan dan penyakitnya.
  3. Virus sudah pasti merugikan/merusak karena virus bersifat parasit, sedangkan bakteri tidak melulu merugikan karena ada spesies bakteri yang dapat menguntungkan/bermanfaat.
  4. Virus mempunyai kingdom sendiri dalam klasifikasi makhluk hidup 6 (enam) kingdom yaitu Kingdom Virus, dan sedangkan bakteri termasuk kedalam Kingdom Monera.

Itulah sekilas penjelasan tentang Perbedaan Bakteri dan Virus Beserta Contohnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>