Pengertian Wirausahawan serta Ciri Dan Tujuan Wirausahawan

Pengertian Wirausahawan serta Ciri Dan Tujuan Wirausahawan

Posted on

Pengertian Wirausahawan serta Ciri Dan Tujuan Wirausahawan – Secara umum wirausaha ialah suatu proses yang dalam menjalankan sesuatu yang baru atau kreatif dan berbeda dan bermanfaat dalam memberikan nilai yang lebih. Menurut Drs. Joko Untoro, kewirausahaan ialah suatu keberanian untuk melakukan upaya dalam memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang atas dasar kemampuan dengan cara melakukan pemanfaatan dalam segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya dan orang lain.

Pengertian Wirausahawan serta Ciri Dan Tujuan Wirausahawan

Ciri-ciri Wirausaha

1. Mempunyai keberanian dan mempunyai daya kreasi
Seorang wirausaha harus memiliki keberanian dalam memiliki daya kreasi atau tidak takut untuk bermimpi dan merencanakan. Semua ketakutan akan sia sia dalam bermimpi dan berencana harus dihilangkan. Setidaknya kita harus ingat STOP (Stop “berhenti, Think “berpikir”, Observation “Observasi” dan Plan “rencana”) jika terjadi hal hal yang membuat ide tersebut tertunda atau mandek.

2. Berani mengambil risiko
Seseorang dikatakan wirausaha jikia ia memiliki sifat berani mengambil risiko, hal ini tentu harus sejalan dengan perencanaan yang sebelumnya telah dilakukan dan pengamatan yang dilakukannya terhadap ide yang dimilikinya.

3. Memiliki semangat dan kemauan keras
Seorang bisa dikatakan wirausaha selain berani dalam mengambil risiko harus memiliki semangat dan kemauan yang keras untuk sukses.

4. Memiliki analisis yang tepat
Seseorang dapat dikatakan wirausaha jika ia memiliki pengetahuan yang tepat untuk membuat analisis yang tepat, diusahakan analisisnya mendekati 100 % benar.

5. Tidak konsumtif
Ini merupakan penyakit untuk masa sekarang. Seorang wirausaha harus tidak konsumtif atau setidaknya nilai konsumsinya jauh lebih sedikit dari penghasilannya.

6. Memiliki jiwa pemimpin
Jiwa pemimpin harus dimiliki seorang wirausaha karena dengan ini, mereka akan mampu mengembangkan usaha mereka menjadi lebih maju.

7. Berorientasi pada masa depan
Jika anda seorang wirausaha yang inovatif dan kreatif serta memiliki ciri ciri wirausaha yang lain maka anda akan memiliki kemampuan ini.

Ciri ciri kewirausahawan yang handal dan profesional

1. Yakin terhadap produk yang ia miliki.
2. Mengenal dengan sangat banyak produknya.
3. Tidak berdebat dengan calon pelanggan.
4. Komunikatif dan negosiasi Ramah dalam melakukan pelayanan.
5. Santun Jujur dan berani.
6. Menciptakan transaksi.

Tujuan berwirausaha

1. Berusaha dan bertekad dalam meningkatkan jumlah para wirausaha yang baik dengan ikut serta dalam mengkader manusia manusia calon wirausaha untuk membangun jaringan bisnis yang lebih baik.

2. Ikut serta dalam mewujudkan kemampuan para wirausaha baru untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat dan Negaranya.

3. Ikut serta dalam menumbuhkan dan mengembangkan kesadaran dan orientasi kewirausahaan yang kokoh.

4. Menyebarluaskan dan membuat budaya serta ciri ciri kewirausahaan disekitarnya terutama dalam masyarakat.

5. Mengembangkan dalam bentuk inovasi dan kreasi agar tercipta dinamika dalam kewirausahaan atau dunia bisnis sehingga dapat mencapai kemakmuran.

Itulah sekilas Pengertian Wirausahawan serta Ciri Dan Tujuan Wirausahawan, terima kasih telah menyempatka membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami, dan anda bisa meninggalkan jejak pada komentar dibawah.

Baca Juga >>>