pengertian virus bakteriofage dan Karakteristik Bakteriofage

Pengertian Virus Bakteriofage dan Karakteristik Bakteriofage

Posted on

Pengertian Virus Bakteriofage dan Karakteristik Bakteriofage – Kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Virus Bakteriofage yang dapat kita simak berikut ini :

Pengertian Virus Bakteriofage

pengertian virus bakteriofage dan Karakteristik Bakteriofage

Bakteriofage sendiri berasal dari 2 kata dari bahasa Yunani yaitu bacteria dan phagus. Dari dua kata tersebut, maka dapat kita simpulkan bahwa bakteriofage ini merupakan virus yang menyerang bakteri. Bakteriofage sendiri merupakan virus yang menggandakan dirinya sendiri dengan cara menyerbu bakteri. Dibandingkan dengan kebanyakan virus lainnya, virus ini sangat kompleks dan memiliki beberapa bagian berbeda yang diatur secara cermat. Semua virus mempunyai asam nukleat, pembawa gen yang diperlukan untuk menghimpun salinan-salinan virus di dalam sel hidup. Pada virus T4 asam nukleatnya merupakan DNA, tetapi pada banyak virus lain, termasuk virus penyebab AIDS, polio, dan flu, asam nukleatnya merupakan RNA.

Virus bakteriofage awalnya ditemukan oleh ilmuwan Prancis, D’Herelle. Bentuk luar terdiri dari kepala yang berbentuk heksagonal, leher, dan ekor. Bagian dalam kepala mengandung 2 (dua) pilinan DNA. Bagian leher berfungsi menghubungkan bagian kepala dan ekor. Pada bagian ekor memiliki fungsi untuk memasukkan DNA virus ke dalam sel inangnya. Kesimpulan : karena dia menyerang bakteri. Dan di dalam tubuh manusia ini banyak bakteri baik, sehingga Bakteriofage ini merusak sistem bakteri baik tersebut (contohnya E. Coli merupakan bakteri yang hidup pada saluran pencernaan manusia.)

Karakteristik Bakteriofag

Ribuan dari jenis bakteriofag yang ada, masing-masing dari virus ini menginfeksi hanya 1 (satu) jenis atau beberapa jenis bakteri atau archaea. bakteriofag sendiri diklasifikasikan dalam sejumlah famili virus; beberapa contohnya termasuk Inoviridae, Microviridae, Rudiviridae, dan Tectiviridae. Seperti kebanyakan virus, bakteriofag merupakan organisme sederhana yang terdiri atas inti dari materi genetik (asam nukleat) yang dikelilingi oleh kapsid protein. Asam nukleat dapat berupa DNA atau RNA dan mungkin untai ganda ataupun untai tunggal. Ada 3 (tiga) bentuk struktur dasar fag: sebuah ikosahedral kepala dengan ekor, kepala ikosahedral tanpa ekor, dan bentuk filamen.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian Virus Bakteriofage dan Karakteristik Bakteriofage, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>