Pengertian Seni Ukir dan Contoh Seni Ukir

Pengertian Seni Ukir dan Contoh Seni Ukir

Posted on

Pengertian Seni Ukir dan Contoh Seni Ukir – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang seni ukir. Apa sih seni ukir? Anda penasaran silahkan simak ulasannya berikut ini :

Pengertian Seni Ukir

Seni ukir / ukiran merupakan tampilan atau susunan dari gambar hiasan dengan bagian-bagian cekung (kruwikan) serta bagian-bagian cembung (buledan) yang menyusun suatu gambar yang indah.

Pengertian ini sendiri berkembang hingga dikenal sebagai seni ukir yang merupakan seni yang membentuk gambar pada kayu, batu, atau bahan-bahan lainnya. Bangsa Indonesia sendiri mulai mengenal seni ukir sudah sejak zaman batu muda (Neolitik), yaitu sekitar tahun 1500 SM. Pada zaman itulah nenek moyang bangsa Indonesia telah berhasil membuat ukiran pada kapak batu, tempaan tanah liat atau bahan lain yang berhasil ditemukan. Motif dan pengerjaan ukiran pada zaman itu sendiri masih sangat sederhana.

Umumnya ukiran bermotif geometris yang berupa garis, titik, serta lengkungan, dengan bahan tanah liat, batu, kayu, bambu, kulit, atau tanduk hewan Pada zaman yang lebih dikenal sebagai zaman perunggu, yaitu berkisar antara tahun 500 hingga 300 SM.

Bahan untuk membuat ukiran sendiri telah mengalami perkembangan yaitu telah menggunakan bahan perunggu, emas, perak dan bahan lainnya. Dalam pembuatan ukiran sendiri menggunakan teknologi cor.

Contoh Seni Ukir

Seni ukir tidak lagi melulu dengan menggunakan bahan dari batu, kayu, ataupun tanah liat, ada beberapa contoh lain bahan yang digunakan dalam seni ukir. Berikut ini beberapa contoh dari Seni Ukir, yaitu :

1. Seni Ukir Pada Buah & Sayur

Pengertian Seni Ukir dan Contoh Seni Ukir
Seni Ukir ini biasanya digunakan pada saat dekorasi hidangan saat pesta, biasanya berbentuk hewan atau tumbuhan.

2. Seni Ukir Pada styrofoam

Pengertian Seni Ukir dan Contoh Seni Ukir
Seni Ukir pada bahan ini biasanya bisa kita lihat saat dilangsungkannya acara pernikahan.

3. Seni Ukir Kayu, Batu dan tanah liat

Pengertian Seni Ukir dan Contoh Seni Ukir
Biasanya ukiran jenis ini dapat berbentuk patung, lemari, meja dan lainnya sebagainya

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian Seni Ukir dan Contoh Seni Ukir, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>