Pengertian Seni Rupa Murni dan Contoh Seni Rupa Murni

Pengertian Seni Rupa Murni dan Contoh Seni Rupa Murni

Posted on

Pengertian Seni Rupa Murni dan Contoh Seni Rupa Murni – Seni merupakan sebuah hasil imajinasi atau pengungkapa ekspresi seseorang dan memiliki nilai esteika. Seni rupa ialah salah satu cabang dai seni yang bisa di lihat oleh mata dan bisa di rasakan dengan sentuhan. Karya seni rupa dapat di ciptakan dengan mengolah dan memadukan konsep yang dapat berupa titik, garis, bidang, volume, bentuk, warna, tekstur dan efek dari cahaya yang menggunakan acuan estetika.

Pengertian Seni Rupa Murni dan Contoh Seni Rupa Murni

Pengertian Seni Rupa Murni

Seni rupa murni merupakan cabang dai seni rupa yang pembuatannya tanpa mempertimbangkan fungsi dan kegunaannya namun lebih mengutamakan nilai estetika atau keindahan. Karya seni inilebih bebas dan umumnya mempunyai nilai estetika yang sangat tinggi. Seni rupa murni hanya di gunakan sebaga hiasan atau pajangan.

Contoh Seni Rupa Murni

– Relief

Relief ialah lukisan atau gambar yang di tampilkan dalam bentuk tiga dimensi aau trimata, berada di atas bidang dua dimensi atau dwi mata. Dalam relief biasanya terdapat tugu – tugu peringatan dan terdapat pada bangunan candi. Pada umumnya relief jufa berisi tentang bioroma dan memiliki nilai sejarah yang tinggi.

– Patung

Patung biasanya menjadi ekspresi jiwa manusia. umumnya patung di buat dengan bentuk visual yang membentuk media tiga dimensi. Tujuan di buatnya patung adalah untuk keindahan sebagai tujuan utamanya. Patung umumnya berbentuk wujud dari manusia, hewan dan lain sebagainya.

– Lukisan

Lukisan dapat di artikan sebagai seni yang sengaja di buat dengan cara menggoreskan cat dengan kuas atau dengan eralatan yang lainnya, lalu di lukiska di atas media seperti kanvas dan sebagainya.

– Gantungan

Gantugan dapat di kategorikan seni rupa murni karena fungsinya hanya sebagai penghias saja. Seperti gantungan kunci yang seing kita pakai yang terbuat dari kain, flanel, bambu dan lain sebagainya.

– Kerajinan dari keramik

Sejak zaman dahulu keramik menjadi salah satu kerajinan yang bernilai seni, sepeti guci, vas dan lain sebagainya. Kerajinan dari keramik biasanya hanya di gunakan sebagai hiasan.

– Seni Kaligrafi

Kaligrafi merupakan saah satu karya seni yang sangats sering kita jumpai, seperti di rumah ibadah umat Islam, dengan keindahan dalam setiap goresannya. Pada masyarakat Cina juga terkenal dengan kaligrafinya.

– Ukiran

Ukiran ialah seni memahat kayu atau batu untuk menjadikan suatu rupa atau bentuk yangkita inginkan dengan keindahan tertentu. Biasanya ukiran banyak memilki bentuk makhluk hidup seperti tumbuhan atau bunga – bunga. Ukiran biasanya menjadi hiasan suatu ruangan dalam rumah atau perkantoran, dalam gedung – gedung.

– Fotografi

Seni ini merupakan salah satu ekspresi dari sang pengambil foto.

– Topeng

Topeng sudah de kenal sejak lama oleh masyarakat Indonesia yang terbentuk dari kayu, plastik, logam atau kain. Topeg dapat di gunakan di mana saja namun lebih umum di gunakan saat pertunjukan tari dan sebagainya.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian Seni Rupa Murni dan Contoh Seni Rupa Murni, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>