Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi dan Contohnya

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi dan Contohnya

Posted on

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi dan Contohnya – Kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Seni Rupa 2 (Dua) dimensi. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

Pengertian Seni Rupa Dua Dimensi

Seni rupa dua dimensi merupakan suatu karya seni rupa yang memiliki 2 (dua) sisi saja, yaitu sisi panjang dan lebar, sehingga tidak memiliki ruang karena tidak mempunyai unsur ketebalan. Contoh karya seni rupa 2 (dua) dimensi dalam kehidupan sehari-hari, yaitu : hiasan pada dekorasi dinding.

Teknik–teknik dalam Seni Rupa 2 Dimensi

Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi dan Contohnya

Teknik dalam seni rupa 2 (dua) dimensi ada 4 (empat), yaitu :

1. Teknik Plakat
Teknik ini merupakan teknis melukis dengan menggunakan cat minyak, cat poster, atau cat akrelik, dengan goresan yang tebal, agar hasil warnanya pekat dan padat.

2. Teknik Transparan
Teknik ini merupakan teknik melukis atau menggambar dengan menggunakan cat air. Sapuan warnanya haruslah tipis agar hasilnya tampak transparan.

3. Teknik Kolase
Teknik ini akan menghasilkan sebuah lukisan yang realis atau abstrak dari potongan kertas yang ditempelkan.

loading...

4. Teknik 3M (melipat, menggunting, dan merekat)
Teknik ini ialah proses manipulasi lembaran kertas menjadi suatu bentuk 3D (tiga dimensi).

Contoh Seni Rupa 2 Dimensi

Contoh dari seni rupa 2D (2 dimensi sangat banyak), dan diantara adalah sebagai berikut :

1. Lukisan
Lukisan merupakan karya seni rupa 2D (2 dimensi) pada sebuah permukaan seperti kanvas, kertas ataupun dinding. Adapun proses pembuatannya dengan cara memulaskan cat dengan kuas lukis, pisau palet ataupun peralatan lain pada permukaan media tersebut.

2. Seni Grafis
Seni Grafi merupakan cabang seni rupa yang menggunakan teknik cetak dan berbentuk 2D (2 dimensi).

3. Kaligrafi
Kaligrafi sendiri merupakan suatu seni artistik tulisan tangan bahasa arab. Adapun pembuatan kaligrafi merupakan bentuk utama ekspresi seni dalam konteks keagamaan dan berbagai budaya Islam.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian Seni Rupa 2 Dimensi dan Contohnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


loading...