Pengertian Seni Kriya dan Contoh Seni Kriya

Pengertian Seni Kriya dan Contoh Seni Kriya

Posted on

Pengertian Seni Kriya dan Contoh Seni Kriya –┬áSeni kriya merupakan sebuah karya seni yang di buat dengan menggunakan keterampilan tangan namun tetap memperhatikan aspek fungsional dan juga nilai seni itu sendiri, sehingga seni kriya juga dapat di masukan dalam kategori karya seni rupa terapan.

Pembuatan karya seni ini tidak hanya berdasarkan pada aspek fungsionalnya saja akan tetapi juga di gunakan sebagai sebuah media dalam pemenuhan kebutuhan akan keindahan. Seiring dengan perkembangan, karya ini biasanya identik dengan seni kerajinan. Ini karena dari cara pembuatannya yang di lakukan dengan menggunakan tangan akan tetapi mempunyai fungsi.

Tradisi pembuatan banda – benda seni ini sudah ada sejak zaman prasejarah, hal ini terbukti dengan adanya beberapa temuan benda prasejarah yang memberikan indikasi bahwa manusia sudah mulai tinggal dengan menetap sejak zaman batu muda. Pada zaman tersebut mereka mulai membuat beberapa benda yang berguna untuk menunjang semua aktifitas mereka sehari – hari salah satunya ialah tembikar. Tembikar terbuatd ari tanah liat yang fungsinya sebagai wadah.

Tembikar saat zaman neolitikumsudah terdapat hiasan – hiasan yang berupa lambang atau simbol – simbol kehidupan spiritual yang mereka percayai. Periode selanjutnya, seni ini berkembang dengan sangat pesat, mulai dari bahan, bentuk serta corak hiasannya.

Ada awalnya benda – benda itu memiliki bentuk yang sangat sederhana, kemudian berkembang menjadi bentuk yang beragam dan kadang juga sangat rumit, begitu jugadengan corak dan hiasan yang lebih banyak, bervariatif dan detail.

Pengertian Seni Kriya

Seni Kriya berasal dari bahasa San sekerta yakni “Kriya” yang artinya “mengerjakan”. Dari kata itu kemudian berkembang menjadi kata yang beragam, mulai dari kriya, karya dan kerja. Dalam arti khusus kriya ialah mengerjakan suatu hal untuk mengahasilkan sebuah objek atau benda. Akan tetapi seiring dengan perkembangannya semu hasil suatu pekerjaan termasuk juga berbagai ragam teknik pemnuatannya yang kamudian menghasilkan sebuah benda seni yang mempunyai fungsi tertentu di sebut juga dengan “seni kriya” . (Timbul Haryono, 2002)

Pengertian Seni Kriya dan Contoh Seni Kriya

loading...

Kata “kriya” jika dalam kamus besar baha Indonesia atau KBBI berarti pekerjaan atau kerajinan tangan. Dala bahasa Inggis disebut craft yang artinya energi atau kekuatan, ati lainnya ialah suatu keterampilan dalam membuat atau mengerjakan sesuatu. Istilah ini juga diartikan sebagai keterampilan yang biasa dikaitkan dengan suatu profesi seperti pengrajin.

Kenyataannya seni kriya biasa dikaitkan sebagai karya yang dihasilkan dengan skill seseorang yang di ketahui bahwa semua ekspresi dan kerja seni membutuhkan sebuah keterampilan. Jika merujuk pada persepsi kesenian dari tradisi Jawa maka dikenal denagn sebutan kagunan yang artinya Yayesan ingkang adipeni atau Wudharing pambudi nganakake kaendahan – gegambaran atau kapinteran, kidung ngukir – ukir. (Kamus Bausastra Jawa)

Dari penjelasan tersebut maka menunjukan pentingnya suatu keterampilan dalam membuat benda yang di gunakan dalam kehidupan sehari – hari, selain itu juga di butuhkan sebuah pengetahuan dan kepekaan tentang keindahan.

Fungsi Seni Kriya

– Dekorasi atau hiasan

Seni kriya jenis ini lebih mengutamakan rupa di banding fungsi, karenanya maka beberapa bentuknya juga mengalami pengembangan. Contohnya seni ukir, patung, cindera mata, hiasan dinding dan lain sebagainya.

– Benda siap pakai atau terapan

Fungsi ini lebih mengutamakan fungsi dari benda yang di bentuk. Biasanya sebagai benda yang siap pakai, nyaman, akan tetapi tidak menghilangkan unsur keindahannya, sepeti senjata, keramik, furnitur dan lainnya.

– Mainan

Jenis ini biasanya mempunyai bentuk yang sederhana, bahan yang dipakai relatif mudah untuk didapatkandan di kerjakan, harganya juga relatif murah.

Jenis – Jenis Seni Kriya

– Seni Kriya Kayu
– Seni Kriya Tekstil
– Seni Kriya Keramik
– Seni Kriya Logam
– Seni Kriya Kulit
– Seni Kriya batu

Berdasarkan Cara Membuat

– Kriya Ukir atau Pahat
– Kriya Batik
– Kriya Tenun
– Kriya Anyaman
– Kriya Bordir

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian Seni Kriya dan Contoh Seni Kriya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


loading...