Pengertian Seni Grafis dan Contoh Seni Grafis

Pengertian Seni Grafis dan Contoh Seni Grafis

Posted on

Pengertian Seni Grafis dan Contoh Seni Grafis – Seni grafis merupakan salah satu cabang seni rupa yang memanfaatkan teknologi komputer dan teknik cetak. Media pencetak yang di gunakan umumnya menggunakan kain atau kertas. Seni grafis biasanya dapat di temuakan di koran, papan reklame, majalah dan pakaian.

Pengertian Seni Grafis

Pengertian Seni Grafis dan Contoh Seni Grafis

Seni grafis merupakan karya seni yang dihasilkan melalui proses printinga atau pencetakan yang biasanya menggunakan kertas untuk media pencetakannya. Dalam bahasa Inggris di sebut Printmaking, hasilnya berupa karya seni yang bisa diperbanyak dengan mudah.

Macam – Macam Seni Grafis

– Relief

Cetak relief merupakan proses dimana lapisan timbul pada lempengan cetakan atau balok kayu yang di beri tinta sedangkan are yang timbul atau tersembunyi bebas tinta, sehingga pada saat ditempelkan dapat membentuk sebuah cetakan yang diinginkan. Contohnya pada pembuatan stempel.

– Intaglio

Cetak jenis ini merupakan teknik cetak timbul dengan menggoreskan atau menorehkan plat aluminium sehingga membentuk suatu gambar yang diinginkan, lalu arue yang tergores diisikan tinda dan ditempelkan pada kertas basah. Hasilnya ialah cetakan timbul. Cetak ini merupakan kebalikan dari cetak relief, contohnya padapembuatan uang kertas.

– Cetak Plano

Planographic printing atau cetak plano merupakan teknik mencetak pada lapisan datar. Taknik ini memanfaatkan perbedaan pada sifatair dan minyak yang tidak saling menyatu. Teknik ini menjadi inspirasi pada mesin cetak ofset yang menggunakan acuan plat. Contohnya pada mesin fotocopy dan scanner.

– Cetak Stensil

Teknik mencetak dengan menggunakan kertas dengan cara menggunting kertas ssuai dengan bentuk atau tulisan yang diinginkan, lalu kertas tersebut ditempelkan denagn papa atau kain yang akan diberi cat dan kertas tersebut di semprot atau di cat. Lalu kertas tersebut dicabut dan hasilnya akan seperti yang telah digunting. Contohnya pada spanduk dan papan peringatan.

– Kolagrafi

Teknik mencetak dengan menempelan benda atau objek pada kanvas dan kesemuanya di beri cat lalu objek tersebut di lepas dan hasilnya bagian yang tidak terkena cat akan berbentuk seperti objek dan tampak cekung. Teknik ini tidak berhubungan dengan teknik kolase meskipun teknik ini terkesan emiliki kata dasar kolase.

– Cetak Saring

Ini merupakan pengembangan dari cetak stensil yang memmpunyai kekurangan terutama saat mencetak huruf yang mempunyai kurva tertutup seperti huruf d, o, e dan a. Teknik ini biasa disebut dengan sablon. Pencetakan dilakukan dengan saringan yang diberi batasan sesuai dengan huruf atau bentuk yang ingin dicetak. Contohnya pada kaos, spanduk dan pembungkus makanan olahan.

– Fotografi

Fotografi merupakan seni yang menggunakan pencitraan pada sebuah objek. Unsur seni yang biasa ditonjolkan merupakan komposisi foto, makin baik komposisinya maka akan semakin bagus hasil foto tersebut. Apalagi jika terkandung pesan yang tersirat pada foto tersebut. Peralatan utamanya ialah kamera.

Itulah penjelasan tentang Pengertian Seni Grafis dan Contoh Seni Grafis, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami.

Baca Juga >>>