Pengertian Hadits Menurut Bahasa dan Istilah, serta Makna Sunnah Dalam Islam

Pengertian Hadits Menurut Bahasa dan Istilah, serta Makna Sunnah Dalam Islam

Posted on

Pengertian Hadits Menurut Bahasa dan Istilah, serta Makna Sunnah Dalam Islam – Kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Hadits. Dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

Hadits Menrut Bahasa

Terdapat tiga kata yang dapat dijadikan makda dari hadits, yakni:

1. Khabar, khabar artinya berita atau warta, dalam istilah banyak diartikan dengan segala sesuatu yang diperbincangkan atau ucapan yang dipindahkan dari seseorang pada orang lain atau lebih kuta kenal dengan “ma yatahaddatsu bihi wa yunqalu”. Dari arti ini kita lalu disebut dengan perkataan “hadits Nabi”.

2. Jadid, Jadid artinya bar, iaialah lawan kaa dari qodim yang artinya sudah lama. Jadi hadits juga dapat diartikan dengans esuatu yang baru bila disandarkan dalam katanya saja, terkecuali bila disandarkan pada nabi maka artinya lain lagi.

3. Qarib, qarib artinya dekat atau yang belum lama ini berlangsung atau terjadi, sotohnya dalam kalimat “haditsul ahli bil-islam” yang berarti orang yang baru masuk islam, bentuk jamaknya ialah huduts atau hidats.

Bentuk jamak dari kata hadist bisa hudsan dan dapat jyga ahadits. BAhkan bentuk jamak terahir ini yang selalu digunakan untuk mengungkapkan hadits-hadits yang bersumber dari Nabi yaitu Ahaditsul Rasul.

Perlu kita ketahui kata “ahadits” yang merupakan jamak bukanlah jamak dari kata hadits, melainkan isim jamak sedangkan kata tunggal atau mufradnya ialah dari kata “uhdutsah” yang artinya berita yang disampaikan dari seorang pada orang lain.

Pengertian Hadits Menurut Bahasa dan Istilah, serta Makna Sunnah Dalam Islam

Sunnah menurut bahasa ialah kebiasaan yang diikuti. Sunnah dalam makna ini dapat berupa kebaikan dan keburukan.Seperti sabda Rasulullah Salallahu Alayhiwasallam berikut yang artinya: Barang siapa yang memulai kebiasaan yang baik dalam Islam (sehingga menjadi kebiasaan ummat), maka dia akan memperoleh pahalanyadan pahala orang yang mencontoh perbuatan itu, tanpa mengurangi pahala mereka sedikitpun. Dan barang siapa yang memulai kebiasaan yang buruk (sehingga menjadi kebiasaan umat), maka dia akan mendapatkan dosanya, dan dosa orang yang mengikutinya dengan tanpa mengurangi dosa mereka sedikitpun.”(HR Muslim).

Pengertian sunnah secara istilah mempunyai beberapa makna yang berbeda antara lain:

1. Menurut ahli hadist dan ushul fiqih, sunnah ialah ” periwayatan yang disandarkan kepada Rasululloh shallallahu ‘alaihi wa sallam baik berupa perkataan, perbuatan, ketetapan, dan sifat beliau.

2. Menurut ulama fiqih, sunnah yakni semua amalan yang berpahala saat dikerjakan dan tidak berdosa saat ditinggalkan.

3. Menurut ulama aqidah, sunnah yakni seluruh petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam pondasi agama dan cabang-cabangnya, baik berupa keyakinan, amalan, maupun petunjuk lain. Dalam hal ini, sunnah ialah lawan dari bid’ah. Terkadang sunnah sendiri berarti agama secara total.

Pengertian Sunnah dalam Islam juga dapat berarti seluruh kebaikan, ketaatan, keutamaan, ibadah, dakwah, jihad fii sabilillah, ilmu dan semua bentuk pendekatan kepada Allah subhanahu wa ta’ala. Sunnah yang seperti ini tidak boleh diubah oleh seorang hamba, perubahan dalam sunnah seperti ini tidak akan diterima oleh Allah subhanahu wa ta’ala.

Sunnah seperti ini harusk kita ikuti, dijalankan dan harus diagungkan karena bersumber dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang diajarkan kepada manusia-manusia yang mulia yakni para sahabat Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Sunnah seperti ini ialah lawan dari keburukan, kebid’ahan, kemaksiatan, jauh dari Allah, penipuan, kesyirikan, dan kekufuran. Segala puji bagi Allah subhanahu wa ta’ala yang telah menjadikan kita sebagai Ahlussunnah.

Itulah sekilas Pengertian Hadits Menurut Bahasa dan Istilah, serta Makna Sunnah Dalam Islam, terima kasih telah menyempatka membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami, dan anda bisa meninggalkan jejak pada komentar dibawah.

Baca Juga >>>