Pengertian Bakteri Patogen dan Contoh Bakteri Patogen

Pengertian Bakteri Patogen dan Contoh Bakteri Patogen

Posted on

Pengertian Bakteri Patogen dan Contoh Bakteri Patogen – Pada kesempatan kali kita akan membahas tentang bakteri patogen. Adapun pembahasan kita kali ini tentang Pengertian dan Contoh dari bakteri Patogen, dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

Pengertian Bakteri Patogen

Ada beragam jenis bakteri, dan salah satunya ialah kelompok patogenik. Untuk dapat memahami kelompok bakteri yang satu ini, dapat dimulai dari istilah “patogenik” itu sendiri. Yang secara harfiah, istilah ini mengakar pada bahasa Yunani kuno yang berarti penyebab penderitaan. Jadi penjelasan secara sederhana, bakteri pathogen dapat diartikan sebagai jenis bakteri yang menjadi sumber penderitaan. Dalam kajian yang jauh lebih lengkap, bakteri patogen ialah jenis-jenis bakteri yang menjadi biang dari penyakit pada makhluk hidup. Bakteri patogen ini bekerja dengan cara menginfeksi organisme dan sebagai akibat darinya, muncul gejala-gejala abnormal yang kita kenali sebagai tanda-tanda dari penyakit. Sebagian dari bakteri patogen ini tidaklah terasa di tubuh, namun tak jarang juga yang menyebabkan penyakit serius semacam HIV, SARS, Flu Burung dan masih banyak lagi lainnya.

Pengertian Bakteri Patogen dan Contoh Bakteri Patogen

Patogen sendiri merupakan agen biologis yang mengakibatkan penyakit pada inangnya. Sebutan lain dari patogen ialah mikroorganisme parasit. Pada umumnya istilah ini diberikan kepada agen yang mengacaukan fisiologi normal hewan ataupun tumbuhan multiselular. Namun, patogen dapat juga menginfeksi organisme uniselular dari seluruh kerajaan biologi.

Umumnya, hanya organisme yang sangat patogen yang bisa mengakibatkan penyakit, sementara sisanya jarang menimbulkan penyakit. Patogen oportunis merupakan patogen yang jarang menyebabkan penyakit pada orang-orang yang mempunyai imunokompetensi (immunocompetent) namun bisa menyebabkan penyakit/infeksi yang serius pada orang yang tidak mempunyai imunokompetensi (immunocompromised). Patogen oportunis ini umumnya merupakan anggota dari flora normal pada tubuh. Istilah oportunis merujuk kepada kemampuan dari suatu organisme dalam mengambil kesempatan yang diberikan oleh penurunan sistem pertahanan inang untuk bisa menimbulkan penyakit.

Pada umumnya seluruh patogen pernah berada di luar sel tubuh dengan rentang waktu tertentu (ekstraselular) di saat mereka terpapar oleh mekanisme antibodi, tetapi saat patogen memasuki fase intraselular yang tidak terjangkau oleh antibodi, sel T akan memainkan perannya. Dan pada umumnya pada spesies bakteri ini yang bisa menyebabkan penyakit pada manusia, meskipun bakteri ini juga bisa menginfeksi hewan ataupun tumbuhan lainnya. Ada beberapa contoh bakteri patogen penting termasuk Streptococcus, Staphylococcus, Tuberkulosis, serta Escherichia coli, di antara banyak lainnya. Di seluruh dunia, bakteri ini menjelaskan banyak penyakit serta wabah penyakit. Bakteri patogenlah yang bertanggung jawab untuk masalah usus termasuk diare dan infeksi. Bakteri patogen sendiri bisa menyebar dengan berbagai cara.

Contoh Bakteri Patogen

Bakteri yang termasuk dalam organisme prokariot selain memiliki kegunaan, juga bisa menimbulkan kerugian karena merupakan patogen yang umum pada mahluk hidup seperti manusia. Contohnya adalah bakteri patogen oportunis Pseudomonas aeruginosa yang dapat menginfeksi paru-paru sehingga dapat menimbulkan kematian. Selain P. aeruginosa bakteri patogen lain yang populer adalah Staphylococcus aureus yang adalah Mikroflora normal manusia pada permukaan kulit, mulut, dan hidung, namun pada saat sistem imun menurun, S. aureus akan bersifat patogen dan dapat menimbulkan penyakit seperti penggumpalan darah.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian Bakteri Patogen dan Contoh Bakteri Patogen, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>