Pengertian Bakteri Nitrifikasi dan Contoh Bakteri Nitrifikasi

Pengertian Bakteri Nitrifikasi dan Contoh Bakteri Nitrifikasi

Posted on

Pengertian Bakteri Nitrifikasi dan Contoh Bakteri Nitrifikasi – Pengertian Bakteri Nitrifikasi dan Contoh Bakteri Nitrifikasi – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Bakteri Nitrifikasi. Apa sih Bakteri Nitrifikasi ? Dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

Pengertian Bakteri Nitrifikasi dan Contoh Bakteri Nitrifikasi

Pengertian Bakteri Nitrifikasi

Bakteri nitrifikasi sendiri merupakan salah satu dari sekelompok kecil bakteri aerobik ( famili Nitrobacteraceae ) yang menggunakan bahan kimia anorganik sebagai sumber energi.

Mereka merupakan mikroorganisme yang penting dalam siklus nitrogen sebagai konverter amonia tanah menjadi nitrat, senyawa yang bisa digunakan oleh tanaman. Proses nitrifikasi juga memerlukan mediasi dari 2 ( dua ) kelompok yang berbeda, yaitu : bakteri yang mengubah amonia menjadi nitrit ( Nitrosomonas, Nitrosospira, Nitrosococcus, & Nitrosolobus ) serta bakteri yang mengkonversi nitrit (racun bagi tanaman) menjadi nitrat ( Nitrobacter, Nitrospina, & Nitrococcus ). Pada bidang pertanian, irigasi dengan larutan encer amonia untuk meningkatkan nitrat tanah melalui aksi bakteri nitrifikasi.

Ada banyak dari spesies bakteri nitrifikasi mempunyai sistem membran internal kompleks yang merupakan lokasi untuk enzim kunci dalam nitrifikasi : monooksigenase amonia yang mengoksidasi amonia menjadi hidroksilamin, serta oksidoreduktase nitrit, yang mengoksidasi nitrit menjadi nitrat.

Bakteri nitrifikasi sendiri ialah spesies yang sempit di lingkungan, dan ditemukan dalam jumlah yang terendah di mana ada jumlah yang cukup amonia ( daerah dengan dekomposisi protein yang luas, serta pengolahan limbah tanaman ). Bakteri nitrifikasi ini berkembang di danau dan sungai sungai dengan input & output dari limbah yang tinggi dan air limbah serta air tawar karena kandungan amonia yang rendah.

Contoh Bakteri Nitrifikasi

Berikut ini merupakan contoh dari bakteri nitrifikasi, yaitu : bakteri Nitrosomonas dan Nitrosococcus, serta bakteri Nitrobacter.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian Bakteri Nitrifikasi dan Contoh Bakteri Nitrifikasi, terima kasih anda telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca ini bermanfaat, dan jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>