Pengertian Bakteri Coliform dan Contoh Bakteri Coliform

Pengertian Bakteri Coliform dan Contoh Bakteri Coliform

Posted on

Pengertian Bakteri Coliform dan Contoh Bakteri Coliform – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Bakteri Coliform, dan berikut ini penjelasannya :

Pengertian Bakteri Coliform

Bakteri coliform merupakan golongan bakteri intestinal, yakni hidup dalam saluran pencernaan manusia. Bakteri coliform sendiri ialah bakteri indikator keberadaan dari bakteri patogenik lain. Lebih tepatnya, sebenarnya, bakteri coliform fekal merupakan bakteri indikator adanya pencemaran bakteri patogen. Penentuan coliform fekal menjadi indikator pencemaran dikarenakan jumlah koloninya yang pasti berkorelasi positif dengan keberadaan bakteri patogen.

Bakteri coliform merupakan parameter mikrobiologis terpenting bagi kualitas dari air minum. Kelompok dari bakteri coliform, antara lain, yaitu Eschericia coli, Enterrobacter aerogenes, serta Citrobacter fruendii. Keberadaan bakteri di dalam air minum itu menunjukkan tingkat sanitasi yang rendah. Keberadaan dari bakteri ini juga menunjukkan adanya bakteri patogen lain, misalnya, Shigella, yang mengakibatkan diare hingga muntaber.

Bakteri coliform sendiri timbul karena buangan kotoran manusia serta limbah laundry dari rumah tangga yang merembes dari sungai-sungai dan disebabkan juga oleh pencemaran mata air atau air baku, lemahnya sistem filterisasi. Oleh karena itu, air minum haruslah bebas dari semua jenis coliform. Karena semakin tinggi tingkat kontaminasi bakteri coliform, maka semakin tinggi pula risiko akan kehadiran bakteri-bakteri patogen lain yang biasa hidup dalam kotoran manusia & hewan. E. coli bila masuk ke dalam saluran pencernaan dalam jumlah banyak bisa membahayakan kesehatan.

Menurut Pelczar & Chan (2008) walaupun E. coli merupakan bagian dari mikroba normal saluran pencernaan, tapi saat ini telah terbukti bahwa galur-galur tertentu mampu mengakibatkan gastroeritris taraf sedang hingga parah pada manusia & hewan.

Pengertian Bakteri Coliform dan Contoh Bakteri Coliform

Salah satu dari contoh bakteri patogen yang kemungkinan terdapat dalam air terkontaminasi kotoran manusia atau hewan berdarah panas ialah Shigella, yaitu mikroba penyebab gejala diare, deman, kram perut, serta muntah-muntah. Jenis bakteri coliform tertentu, misalnya E coli O:157:H7, bersifat patogen dan juga bisa mengakibatkan diare atau diare berdarah, kram perut, mual, dan rasa tidak enak badan.

Bakteri coliform sendiri menghasilkan zat ethionine yang pada penelitian mengakibatkan kanker. Bakteri-bakteri pembusuk ini juga memproduksi bermacam-macam racun, yaitu seperti Indole, skatole yang bisa menimbulkan penyakit jika berlebih didalam tubuh. E. coli juga dapat menyebabkan diare dengan metode :

1) Produksi enterotoksin yang secara tidak langsung dapat mengakibatkan kehilangan cairan
2) Invasi yang sebenarnya lapisan epitelium dinding usus yang mengakibatkan peradangan & kehilangan cairan.

Contoh Bakeri Coliform

Contoh dari bakteri koliform antara lain, yaitu : Escherichia coli, Salmonella spp., Citrobacter, Enterobacter, Klebsiella, dll.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian Bakteri Coliform dan Contoh Bakteri Coliform, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>