Pengertian Akhlak dan Macam-Macam Akhlak

Pengertian Akhlak dan Macam-Macam Akhlak

Posted on

Pengertian Akhlak dan Macam-Macam Akhlak – Kesempatan kali ini SP akan membagikan tentang Akhlak yang meliputi pengertian dan macam-macamnya. Dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

A. Pengertian Akhlak

Diterjemah dari kitab Is’af thalibi Ridhol Khllaq bibayani Makarimil Akhlaq.Akhlak merupakan sifat-sifat dan perangai yang diumpamakan pada manusia sebagai gambaran batin yang bersifat maknawi dan rohani. Dengan gambaran itulah manusia dibangkitkan disaat hakikat segala sesuatu tampak dihari kiamat nanti.

Akhlak ialah kata jamak dari khuluk yang jika dihubungkan dengan manusia, kata khuluk ialah lawan kata dari kholq.

Pengertian Akhlak dan Macam-Macam Akhlak

Perilaku dan tabiat manusia baik yang terpuji ataupun yang tercela disebut dengan akhlak.Akhlak ialah etika perilaku manusia terhadap manusia lain, perilaku manusia dengan Allah SWT maupun perilaku manusia terhadap lingkungan hidup.

Berbagai macam perilaku atau perbuatan baik yang tampak dalam kehidupan sehari-hari disebut dengan akhlakul kharimah atau akhlakul mahmudah.Acuhannya ialah Al-Qur’an dan Hadist serta berlaku untuk universal.

B. Macam-macam akhlak

Akhlakul karimah atau sifat-sifat terpuji banyak macamnya,diantaranya ialah husnuzzan, gigih, berinisiatif, rela berkorban, tata kerama pada makhluk Allah, adil, ridho, amal shaleh, sabar, tawakal, qona’ah,bijaksana, percaya diri,dan lain sebagainya.

1. Husnuzzan ialah berprasangka baik atau disebut juga positive thinking. Lawan dari kata ini ialah su’uzzan yang artinya berprasangka buruk ataupun negative thinking.

2. Gigih atau kerja keras dan optimis termasuk diantara akhlak mulia yaitu percaya akan hasil positif dalam segala usaha.

3. Berinisiatif ialah perilaku yang terpuji karena sifat tersebut artinya kita mampu berprakarsa melakukan kegiatan yang positif serta menghindarkan sikap terburu-buru bertindak kedalam situasi yang sulit,bertindak dengan kesadaran sendiri tanpa menunggu perintah,dan selalu menggunakan nalar ketika bertindak di dalam berbagai situasi untuk kepentingan masyarakat.

4. Rela berkorban itu artinya rela mengorbankan apa yang kita miliki demi sesuatu atau demi seseorang.Semua ini jika dengan maksud atau dilandasi niat dan tujuan yang baik.

5. Tata kerama terhadap sesama makhluk Allah SWT sangat dianjurkan kepada makhluk Allah karena ini merupakan salah satu anjuran Allah kepada kaumnya.

6. Adil dalam bahasa arab dikelompokkan menjadi dua mcam yaitu kata al-‘adl dan al-‘idl.Al-‘adl ialah keadilan yang ukurannya didasarkan dari kalbu atau rasio, sedangkan al-‘idl ialah keadilan yang dapat diukur secara fisik dan dapat dirasakan oleh pancaindera seperti hitungan atau timbangan.

7. Ridho yakni suka,rela,dan senang.Konsep ridho kepada Allah mengajarkan pada manusia untuk menerima secara suka rela terhadap sesuatu yang terjadi pada diri kita.

8. Amal Shaleh ialah perbuatan lahir maupun batin yang berakibat pada hal positif atau bermanfaat.

9. Sabar ialah tahan terdapat setiap penderitaan atau yang tidak disenangi dengan sikap ridho dan menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah SWT.

10. Tawakal merupakan berserah diri sepenuhnya kepada Allah dalam menghadapi atau menunggu hasil dari suatu pekerjaan.

11. Qona’ah ialah merasa cukup dengan apa yang dimiliki dan menjauhkan diri dari sifat ketidakpuasan atau kekurangan..

12. Bijaksana merupakan suatu sikap dan perbuatan seseorang yang dilakukan dengan hati-hati dan penuh kearifan terhadap suatu permasalahan yang terjadi,baik itu terjadi pada dirinya sendiri atau pada orang lain.

13. Percaya diri adalah keadaan yang memastikan akan kemampuan seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan karena ia merasa mempunyai kelebihan baik itu kelebihan postur tubuh, keturunan, status social, pekerjaan ataupun pendidikan.

1). Akhlak kepada Pencipta

Salah satu perilaku atau tindakan yang mendasari akhlak kepada Pencipta ialah Taubat.Taubat secara bahasa artinya kembali pada kebenaran. Secara istilah ialah meninggalkan sifat dan kelakuan yang tidak baik, salah atau dosa dengan penuh penyesalan dan berniat serta berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Dengan kata lain,taubat artinya kembali kepada sikap, perbuatan atau pendirian yang baik dan benar serta menyesali semua perbuatan dosa yang sudah terlanjur dikerjakan.

2). Akhlak terhadap Sesama

Setelah mencermati kondisi sebenarnya tentunya tidak terlepas dari berbicara masalah kehidupan. Masalah dan tujuan hidup ialah mempertahankan hidup untuk kehidupan selanjutnya dan jalan mempertahankan hidup ini hanya dengan mengatasi masalah hidup. Kehidupan sendiri tidak pernah membatasi hak ataupun kemerdekaan seseorang untuk bebas dalam berekspresi dan berkarya. Kehidupan ialah saling berketergantungan antara sesama makhluk dan dalam kehidupan juga kita tidak dapat terlepas dari aturan-aturan hidup baik bersumber dari norma kesepakatan ataupun norma-norma agama itu karena dengan norma hidup kita akan jauh lebih memahami apa itu akhlak, dalam hal ini ialah akhlak antara sesama manusia dan makhluk lainnya.

3). ADIL

Adil ialah menempatkan sesuatu pada tempatnya. Adil juga artinya tidak berat sebelah dan tidak memihak. Dengan demikian berbuat adil memerlukan hak dan kewajiban secara seimbang, tidak memihak dan tidak merugikan pihak manapun.

4). RIDHO

Ridho menurut bahasa berarti rela, sedangkan menurut istilah ridha berarti menerima dengan senang hati segala sesuatu yang diberikan oleh Allah SWT. Yakni berupa ketentuan yang telah ditetapkan, baik berupa nikmat maupun saat terkena musibah. Orang yang mempunyai sifat ini tidak mudah bimbang, ia tidak mudah menyesal ataupan menggerutu atas kehidupan yang diberikan oleh Allah, tidak iri hati atas kelebihan orang lain, karena dia berkeyakinan bahwa semua berasal dari Allah SWT, manusia hanya sekedar berusaha. Ridho bukan berarti menyerah tanpa usaha, itu namanya putus asa dan sikap putus asa tidak dibenarkan dalam agama islam.

5). AMAL SHALIH

Amal berasal dari bahasa arab yang terbantuk masdar yaitu ya’mal yang berarti segala pekerjaan atau perbuatan. Sedangkan shalih artinya bagus. Amal shalih artinya segala perbuatan atau pekerjaan yang bagus yang berguna bagi pribadi, keluarga, masyarakat dan manusia secara keseluruhan. Kebalikan dari amal shalih ialah amalan sayyi’an atau amal jelek yakni perbuatan yang mendatangkan madhorot,baik bagi pelaku ataupun orang lain.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian Akhlak dan Macam-Macam Akhlak, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>