Jenis Karya Seni Patung dan Contoh Seni Patung

Jenis Karya Seni Patung dan Contoh Seni Patung

Posted on

Jenis Karya Seni Patung dan Contoh Seni Patung – Artikel kali ini kita akan membahas tentang Karya Seni Patung. Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasannya berikut ini :

Pengertian Seni Patung

Seni patung sendir merupakan karya snei yang hasil karyanya berwujud 3D (tiga dimensi). Hasil karya seni patung sendiri biasanya diciptakan dengan cara memahat, modeling (seperti dengan tanah liat), atau bisa juga dengan kasting (dengan cetakan). Orang yang menciptakan seni rupa patung biasanya disebut dengan pematung. Adapun hasil dari karya seni patung ini dapat bertahan selama mungkin.

Dengan semakin berkembangnya zaman, seni rupa patung juga semakin berkembang dan semakin modern, hasil karya yang diciptakan juga semakin beragam, baik menggunakan bahan ataupun teknik yang digunakan.

Jenis Karya Seni Patung

Patung jika di lihat dari segi bentuknya terbagi ke dalam 2 (dua) kelompok yakni :

a. Figuratif merupakan bentuk dari patung yang dibuat dengan meniru bentuk-bentuk secara alamiah, yaitu seperti : manusia, hewan atau tumbuhan. Bentuk ini biasanya dibuatnya secara utuh sesuai dengan aslinya. Bentuk ini juga bisa dibuat dengan melalui proses fragmentasi atau di sederhanakan dan stilasi atau juga di gayakan.

b. Nonfiguratif merupakan patung yang dibuat tidaklah seperti bentuk figuratif yang artinya, dibuat diluar dari bentuk aslinya. Ada yang hanya menampilkan garis-garis melintang atau memanjang, lubang, lekukan, benda, dan lain-lain.

Berdasarakan jenisnya berkaitan dengan teknik pembuatan patung, patung sendiri dibedakan menjadi 2 (dua) yaitu :

a. Zonde Bosse, yaitu bentuk dari patung yang berdiri sendiri serta terlepas di kanan-kirinya. Patung ini tidak menempel pada salah satu sisinya.

b. Relief, yaitu bentuk dari patung yang menempel pada permukaan dinding. Relief sendiri biasanya menggambarkan adegan dari sebuah cerita. Candi shiwa dan candi brahma di kompleks candi prambanan yang berisi adegan atau rangkaian cerita ramayana yang merupakan contoh dari relief.

Relief sendiri dapat di bedakan menjadi 3 (tiga) macam, yaitu :

– Relief yang menampilkan bentuk-bentuk yang timbul kurang dari setengah nya, dan disebut baserelief.
– Relief yang menampilkan bentuk persis setengah dari bentuknya, dan disebut demirelief.
– Relief yang menampilkan bentuk yang sama dengan bentuknya, dan disebut hautrelief.

Contoh Seni Patung

Jenis Karya Seni Patung dan Contoh Seni Patung

Berikut ini contoh dari seni patung, yang mungkin tidak asing lagi ditelinga anda :

1. Patung Liberty
2. Patung Great Sphinx
3. Moai
4. Patung Christ the Redeemer
5. Patung David
6. Patung Mother Russi
7. Patung pancoran

Itulah sekilas penjelasan tentang Jenis Karya Seni Patung dan Contoh Seni Patung, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>