8 pengertian sepakbola menurut para ahli

8 Pengertian Sepakbola Menurut Para Ahli

Posted on

8 Pengertian Sepakbola Menurut Para Ahli – Siapa yang tak kenal dengan permainan sepakbola. Permainan ini merupakan olahraga terpopuler diseluruh Dunia. Mungkin diantara kita sudah mengetahui tentang pengertian atau definisi dari sepakbola, dikesempatan kali ini Seputar Pendidikan akan membagikan definisi lain dari sepakbola menurut beberapa ahli dibidang ini. Silahkan simak definisinya berikut ini :

8 pengertian sepakbola menurut para ahli

Pengertian Sepakbola Menurut Para Ahli

1. Nurhasan (2001:46) menjelaskan Permainan sepakbola dilakukan dalam 2 (dua) babak, yang mana masing­masing dari babak pada umumnya berlangsung selama 45 menit. Permainan sepakbola dipimpin oleh seorang wasit, dengan dibantu oleh dua hakim garis. Para pemain menggunakan sepatu bola, serta kostum yang berbeda dengan lawan mainnya, sedangkan untuk penjaga gawangnya harus mengenakan kostum khusus yang berbeda dengan para pemain lainya.

2. Sucipto, dkk (2000: 7) menjelaskan Permainan ini hampir seluruhnya dimainkan dengan menggunakan kaki, kecuali seorang penjaga gawang yang dibolehkan menggunakan lengannya di daerah tendangan hukumannya.

3. Muhyi Faruq (2008:17) menjelaskan permainan sepak bola merupakan bentuk dari kegiatan fisik yang memberikan manfaat pada kebugaran tubuh dan mental serta social, yaitu prestasi. Pada kajian ini lebih menyoroti pada permainan dan olahraga sepak bola kaitannya dengan kebugaran tubuh. Permainan ini sendiri masuk dalam aktifitas gerak olahraga, karena bentuk aktifitas fisik yang terstruktur, terencanadan berkesinambungan dengan tujuan untuk kebugaran tubuh yang lebih baik.

4. Agus Salim (2008: 10) dijelaskan pada dasarnya sepakbola merupakan olahraga yang memainkan bola dengan menggunakan kaki. Tujuan utama dari permainan ini adalah untuk mencetak gol atau skor sebanyak-banyaknya yang tentunya harus dilakukan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Untuk bisa membuat gol harus tangkas, sigap, cepat, dan baik dalam mengontrol bola.

5. Hasan Alwi dalam KBBI (2003:918) menjelaskan bahwa Sepakbola adalah permainan beregu yang menggunakan bola sepak dari 2 (dua) kelompok yang berlawanan yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain.

6. Menurut Muhajir (2007:22), “Sepakbola itu merupakan suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak, yang mempunyai tujuan untuk memasukkan bola kegawang lawan dengan mempertahankan gawang tersebut agar tidak kemasukan bola oleh lawan”.

7. Menurut Joko Purwanto (2004:7), “pengertian sepakbola adalah suatu bentuk permainan beregu yang menggunakan bola besar, dimainkan oleh 2 (dua) regu, dan tiap-tiap regu terdiri dari 11 pemain”.

8. Menurut Luxbacher (2008: 2) menyatakan bahwa pertandingan sepakbola itu dimainkan oleh 2 (dua) tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Masing-masing tim mempertahankan gawang dan berusaha menjebol gawang lawan.

Itulah sekilas 8 Pengertian Sepakbola Menurut Para Ahli, terima kasih telah menyempatka membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami, dan anda bisa meninggalkan jejak pada komentar dibawah.

Baca Juga >>>