6 Pengertian Peta Menurut Para Ahli

6 Pengertian Peta Menurut Para Ahli

Posted on

6 Pengertian Peta Menurut Para Ahli – Kesempatan kali ini kita akan membahas pengertian peta menurut beberapa ahli. Dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

6 Pengertian Peta Menurut Para Ahli

Pengertian Peta Menurut Para Ahli

A. Soetarjo Soerjosumarmo

Peta merupakan sebuah lukisan sebagian atau seluruh permukaan bumi dengan menggunakan tinta dan diperkecil dengan perbandingan ukuran tertentu yang disebut dengan skala.

B. F.J Mounkhous dan H.R Wilkinson

Peta ialah suatu rakitan terpadu atau sintesa dari empat macam infomasi, seperti garis, titik, nama, dan wilayah yang ditulis dengan berbagai istilah, yakni ciri, liputan, bentuk, pola, ketebalan simbul, ukuran, dan lain-lain. Batasan-batasan itu merujuk pada segi analisa keruangan aspek persebaran data beserta penamaan geografinya dan teknik penetapan simbul.

C. Aryono Prihandito (1988)

Peta ialah suatu gambaran permukaan bumi dengan menggunakan skala tertentu yang digambar pada sebuah bidang datar dengan sistem proyeksi tertentu.

D. Erwin Raisz (1948)

Peta ialah suatu gambaran konvensional dari penampakan muka bumi yang diperkecil dan digambar pada suatu bidang datar dengan penambahan-penambahan tulisan sebagai penjelasnya.

E. ICA (International Cartographic Association)

Peta ialah suatu gambaran dari unsur-unsur ketampakan permukaan bumi yang abstrak dan mempunyai kaitan dengan permukaan bumi atau benda-benda angkasa, yang digambar pada bidang datar yang diperkecil.

F. Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL 2005)

Peta ialah tempat penyimpanan dan penyajian data – data kondisi lingkungan, dan merupakan sebuah sumber informasi bagi masyarakat untuk merencanakan dan mengambil keputusan dalam tahap pembangunan.

Dapat di simpulkan bahwa pengertian dari sebuah peta ialah gambaran atau lukisan permukaan bumi yang diperkecil dan mengandung beberapa informasi penting yang disimbolkan dengan simbol – simbol tertentu.

Syarat-syarat Peta

1. Konform

Sebuah peta dapat dikatakan baik jika digambar dengan sebangun sama dengan keadaan permukaan bumi yang asli dan sebenarnya.

2. Ekuidistan

Peta dapat dikatakan baik jika digambar dengan sebangundan sesuai dengan jarak antar tempat yang sebenarnya jika dikalikan dengan skala.

3. Ekuivalen

Peta dapat dikatakan baik jika luas daerah atau bidang yang digambar pada peta dengan keadaan yang sebenarnya harus sama setelah dihitung dengan skala.

Itulah sekilas 6 Pengertian Peta Menurut Para Ahli, terima kasih telah menyempatka membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami, dan anda bisa meninggalkan jejak pada komentar dibawah.

Baca Juga >>>