5 Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli

5 Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli

Posted on

5 Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli – Pancasila sebagai dasar negara ialah pokok pikiran yang berisi tentang nilai-nilai luhur bangsa yang dirumuskan oleh para pendiri negara. lalu nilai-nilai tersebut dijabarkan dengan lebih nyata dlam sistem tata negara melalui undang-undang dasar dan undang-undang yang berlaku. Setelah itu turunlah menjadi pokok-pokok hukum dan diberlakukan melalui Perpres atau Peraturan Presiden, Peraturan Menteri, Peraturan Daerah dan lain sebagainya yang mengikat sanksi-sanksi hukum.

5 Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli

Pancasila ialah landasan dari semua keputusan bangsa dan menjadi edeologi tetap pada bangsa dan mencerminkan kepribadian bangsa. Pancasila ialah ideologi bagi bangsa Indonesia yang di gunakan sebagai dasar yang mengatur pemerintahan negara.

Pancasila memiliki kedudukan dan fungsi sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa, ideologi bangsa dan negara, keprobadian bangsa bahkan dalam proses terbentuknya terdapat berbagai macam terminologi yang harus kita desktipsikan degan objektif. pancasila juga harus difahami secara kronologis.

Untuk mengerti arti pancasila secara kronologis, mari kita bahas bersama:

Pengertian Pancasila Secara Etimologis

Istilah Pancasila berasal dari Bahasa Sansekerta India (Kasta Brahma) atau bahasa rakyat ialah bahawa Prakerta. M. Yamin menjelaskan dalam bahasa sansekerta Pancasila mamiliki dua arti secara leksikal, yakni:

“Panca” yang artinya “lima”, “syila” vokali I pendek yang artinya “batu sendi”, “alas”, atau “dasar”. “Syiila” vokal i pendek yang artinya “peraturan tingkah laku yang baik, penting atau yang senonoh”.

Lalu dalam bahasa Indonesia terutama bahasa Jawa diartikan dengan “susila” yang berhubungan dengan moralitas. Karenanya secara etimologis “pancasila” yang di maksud ialah istilah “Panca Syilla” dengan vokal i pendek yang mempunyai arti laksikal “berbatu sendi lima” atau secara harfiah “dasar memiliki lima unsur”. Dan instilah “Panca Syilla” dengan huruf Dewanagari i berarti lima aturan tingkah laku yang penting.

Pengertian secara historis pasti kita sudah mengetahuinya bukan, dari mulai masuk sekolah hingga lulus kuliah kita pasti pernah belajar tentang bagaimana terbentuknya Pancasila.

Berikut Pengertian Pncasila Menurut para Ahli

1. Ir. Soekarno

Beliau menjelaskan bahwa Pancasila ialah sebuah isi dalam jiwa bangsa Indonesia yang secara turun temurun ada dalam setiap jiwa warga negara Indonesia. Jadi Pancasila bukan hanya falsafah negara melainkan juga falsafah bangsa kita yakniIndonesia.

2. Muhammad Yamin
Menurut Muhammad Yamin, Pancasila ialah kata yang berasal dari kata Panca yang berarti lima dan Sila yang berarti sendi, jadi Pancasila ialah 5 sendi yang menjadi dasar dan peraturan untuk mengatur tingkah laku masyarakat menjadi lebih baik.

3. Notonegoro
Sedangkan menurut Notonegoro, Pancasila ialah dasar falsafah negara Indonesia. Jadi dapat disimpulkan bahwa Pancasila menjadi ideologi negara Indonesia dan menjadi pandangan hidup bagi bangsa Indonesia.

Itulah ulasan sekilas penjelasan tentang 5 Pengertian Pancasila Menurut Para Ahli, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>