25 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Posted on

25 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli – Pada kesempatan kali ini seputar pendidikan akan membahas tentang pengertian organisasi menurut beberapa ahli. Dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

25 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli

1. Stoner

Mengatakan bahwa organisasi ialah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.

2. James D. Mooney

Mengemukakan bahwa organisasi merupakan bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

3. Chester I. Bernard

Berpendapat bahwa organisasi ialah suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

4. Stephen P. Robbins

Beliau menyatakan bahwa Organisasi ialah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan dengan sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

5. Prof Dr. Sondang P. Siagian

Beliau mendefinisikan organisasi yakni setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama secara formal dan terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam ikatan yang mana terdapat seseorang atau beberapa orang yang disebut atasan dan seorang atau sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.

6. Drs. Malayu S.P Hasibuan

Menjelaskan organisasi ialah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi hanya merupakan alat serta wadah saja.

7. Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro

Menjelaskan organisasi ialah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama dengan tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.

8. James D Mooney

Beliau berpendapat bahwa Organization is the form of every human, association for the assignment of common purpose atau organisasi ialah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian suatu tujuan bersama.

9. Chester L Bernard (1938)

beliau menjelaskan bahwa Organisasi merupakan system kerjasama antara dua orang atau lebih ( Define organization as a system of cooperative of two or more persons) yang sama-sama mempunyai visi dan misi yang sama.

10. Paul Preston dan Thomas Zimmerer

Ia menjelaskan bahwa Organisasi yakni sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama dalam bahasa Inggris (Organization is a collection people, arranged into groups, working together to achieve some common objectives).

11. Oliver Sheldon (1923)

Organisasi ialah proses penggabungan pekerjaan yang para individu atau kelompok-kelompok harus melakukan dengan bakat-bakat yang diperlukan untuk melakukan tugas-tugas, sehingga memberikan saluran terbaik untuk pemakaian yang efisien, sistematis, positif, dan terkoordinasi dari usaha yang tersedia.

12. Dexter Kimball & Dexter Kimball, Jr. (1947)

Organisasi ialah bantuan bagi manajemen. Ini mencakup kewajiban-kewajiban merancang satuan-satuan organisasi dan pejabat yang harus melakukan pekerjaan, menentukan fungsi-fungsi mereka dan merinci semua hubungan-hubungan yang harus ada di antara satuan-satuan dan orang-orang. Organisasi sebagai suatu aktivitas sesungguhnya ialah cara kerja manajemen.

13. J. William Schulze (1949)

Organisasi ialah penggabungan dari orang-orang, benda-benda, alat-alat perlengkapan, ruang kerja dan segala sesuatu yang bertalian dengannya, yang dihimpun dalam hubungan yang teratur dan efektif untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

14. Harleigh Trecker (1950)

Organisasi merupakan perbuatan atau proses menghimpun atau mengatur kelompok-kelompok yang saling berhubungan dari instansi menjadi suatu keseluruhan yang bekerja.

15. Ralp Currier Davis (1951)

Organisasi merupakan suatu kelompok orang-orang yang sedang bekerja ke arah tujuan bersama di bawah kepemimpinan.

16. John M. Pfiffner & S. Owen Lane (1951)

Organisasi yakni proses menggabungkan pekerjaan yang orang-orang atau kelompok-kelompok harus melakukan dengan kekuasaan yang diperlukan untuk pelaksanaannya, sehingga kewajiban-kewajiban yang dilaksanakan akan memberikan saluran-saluran terbaik bagi penyelenggara usaha yang efisien, teratur, positif, dan terkoordinasikan.

17. Ernest Dale (1952)

Organisasi yaitu suatu proses perencanaan. Ini berkaitan dengan hal menyusun, mengembangkan dan memelihara suatu struktur atau pola hubungan-hubungan kerja dari orang-orang dalam suatu badan usaha.

18. John D. Millet (1954)

Organisasi ialah kerangka struktur dalam di mana pekerjaan dari banyak orang dilakukan untuk pencapaian maksud bersama. Yang demikian itu adalah suatu sistem mengenai penugasan pekerjaan di antara kelompok-kelompok orang yang mengkhususkan diri dalam tahap-tahap khusus dari suatu tugas bersama.

19. John D. Millet (1954)

Sebagai tambahan, organisasi merupakan orang-orang yang bekerja sama, dan dengan demikian ini mengandung ciri-ciri dari hubungan-hubungan manusia yang timbul dari aktivitas kelompok.

20. John Price Jones (1955)

Organisasi sudah dilukiskan sebagai sistem. Organisasi merupakan struktur dan peralatan yang tersusun dari orang-orang dan benda-benda dengan mana suatu usaha berencana yang teratur dijalankan.

21. John Price Jones (1955)

Organisasi ialah sekelompok orang yang bersatupadu bekerja untuk satu tujuan bersama di bawah kepemimpinan bersama dengan alat-alat yang tepat.

22. William R. Spiegel & Richard H. Lansburgh (1955)

Organisasi merupakan hubungan-hubungan struktur di antara bermacam-macam faktor dalam suatu badan usaha.

23. Dwight Waldo (1956)

Organisasi yakni struktur hubungan-hubungan di antara orang-orang yang berdasarkan wewenang dan bersifat tetap dalam suatu sistem administrasi.

24. Herbert A. Simon, Donald W. Smithburg and Victor A. Thompson (1956)

Organisasi merupakan suatu sistem terencana tentang usaha kerjasama dalam setiap peserta mempunyai peranan yang diakui untuk dijalankan dan kewajiban-kewajiban atau tugas-tugas untuk dilaksanakan.

25. Henry G. Hodges (1956)

Organisasi didirikan sebagai proses pembentukan bagi macam-macam badan usaha, suatu kerangka yang akan memberikan pembagian aktivitas-aktivitas yang dilakukan serta untuk pengaturan aktivitas-aktivitas ini dalam suatu kerangka yang menunjukkan kepentingan tingkatan mereka dalam hubungan fungsional.

Itulah ulasan sekilas penjelasan tentang 25 Pengertian Organisasi Menurut Para Ahli, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>