24 Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

24 Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Ahli

Posted on

24 Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Ahli – Kesempatan kali ini Seputar Pendidikan akan membagikan tentang Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli. Dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

24 Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Ahli

1. Paul A. Samuelson
Beliau menyatakan bahwa ilmu ekonomi adalah suatu studi tentang cara orang-orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa menggunakan uang, dalam menggunakan sumber daya produksi yang terbatas akan tetapi dapat dipergunakan kembali dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis komoditas dari waktu ke waktu dan mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi sekarang atau di masa datang, kepada berbagai orang atau kelompok di dalam masyarakat.

2. Adam Smith
Ekonomi yakni penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara.

3. J . B. Say
Ekonomi dunyatakan sebagai suatu kajian tentang peraturan yang bisa menentukan kekayaan.

4. J . S. Mill
Ekonomi ialah ilmu praktis tentang produksi dan distribusi kekayaan.

5. Alfred Marshall
Ekonomi merupakan studi tentang umat manusia dalam usaha mempelajari bagian dari tindakan individu dan sosial yang paling dekat dengan pencapaian dan penggunaan kesejahteraan material.

6. Penson
Ekonomi ialah ilmu kesejahteraan material.

7. Lionel Robbins
Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia sebagai kaitan antara tujuan atau ends dan sarana yang langka atau scarce means yang memiliki banyak alternatif kegunaan.

8. Richard G. Lipsey
Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang mempelajari tentang pemanfaatan sumber daya yang langka untuk memenuhi keinginan manusia yang sifatnya tidak terbatas.

9. N. Gregory Mankiw
Ilmu ekonomi ialah studi tentang cara masyarakat mengelola sumber-sumber daya alam yang langka.

10. Robert B. Ekelund Jr. dan Robert D. Tollison
ilmu ekonomi yakni ilmu yang mempelajari cara individu dan masyarakat yang mempunyai keinginan yang tidak terbatas dan memilih untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk memuaskan keinginan mereka.

11. Suherman Rosydi
Ilmu akonomi ialah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang berusaha untuk memberikan pengetahuan dan pengertian tentang gejala-gejala masyarakat yang timbul karena perbuatan manusia dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan atau untuk mencapai kemakmuran.

12. Ensiklopedi Indonesia
Ilmu ekonomi ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang usaha-usaha manusia untuk mencapai kemakmuran serta gejala-gejala dan hubungan yang timbul dari usaha tersebut

13. Jack Hirshleifer
Ilmu ekonomi ialah studi tentang keputusan dalam memilih di antara berbagai tindakan yang mungkin di ambil, atau ilmu ekonomi juga dipakai untuk mempelajari apa yang terjadi jika keputusan bermacam-macam orang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya.

14. Case and Fair
Ilmu ekonomi ialah studi tentang bagaimana individu dan masyarakat mengambil pilihan untuk menggunakan sumber daya yang langka yang sudah disediakan oleh alam dengan generasi sebelumnya.

15. M. Manullang
Ilmu ekonomi ialah suatu ilmu yang mempelajari tentang masysrakat yang dalam usahanya untuk mencapai kemakmuran atau kemakmuran dalam suatu keadaan dimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya, baik yang berupa barang-barang maupun jasa.

16. Aristoteles
Ilmu ekonomi ialah sebagai sutau cabang yang dapat digunakan dengan dua jalan yakni kemungkinan untuk dipakai dan kemungkinan untuk ditukarkan dengan barang. Nilai pemakaian dan nilai pertukaran.

17.Khursid ahmad
Ilmu ekonomi ialah suatu upaya sistematis yang mencoba memahami permasalahan ekonomi dan perilaku manusia dalam hubungan dengan permasalahan tersebut dari sudut pandang islam.

18. M. Akram Khan
Ilmu ekonomi yakni ilmu yang bertujuan mempelajari kesejahteraan manusia atau falah yang dicapai dengan mengorganisir sumber-sumber daya bumi atas dasar kerjasama dan pertisipasi.

19. Amwal
Ilmu ekonomi ialah salah satu cabang ilmu atau studi yang memjelaskan tentang bagaimana menentukan keputusan yang efektif dalam mengelola sumber daya yang ada dalam rangka memenuhi kebutuhan individu atau masyarakat.

20.Willian Beveridge
Ilmu ekonomi ialah suatu kajian tentang cara manusia bekerjasama untuk mendapatkan keperluan material.

21. Louis Cantori
Beliau mendefinisikan ilmu ekonomi dari segi Islam, menurutnya ekonomi ialah “masalah menjamin berputarnya harta diantara manusia, sehingga manusia dapat memaksimalkan fungsi hidupnya sebagai hamba Allah untuk mencapai falah di dunia dan akherat atau hereafter.

22.A. C. Pigou
Ilmu ekonomi merupakan satu kajian untuk menambahkan jumlah pengeluaran guna meningkatkan taraf hidup.

23.Edwin Cannan
Ilmu ekonomi ialah suatu studi yg bertujuan untuk menerangkan faktor-faktor umum yang menentukan kabajikan material.

24.Lionel Robbins
Ilmu ekonomi ialah suatu ilmu yang mengkaji tentang tingkah laku manusia yang berhubungan dengan kehendak mereka yang tidak terbatas dengan sumber-sumber terbatas dengan memaksimalkan kegunaan atau utility.

Itulah sekilas 24 Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Ahli, terima kasih telah menyempatka membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami, dan anda bisa meninggalkan jejak pada komentar dibawah.

Baca Juga >>>