20 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

14 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Posted on

14 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Komputer menurut beberapa ahli dibidang ini. Dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

20 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

1. C. Hamacher, Z.G. Vranesic, dan Z.G. Zaky

Hamacher, Vranesic, dan Zaky (dalam Wimatra dkk, 2008) menjelaskan bahwa komputer didefinisikan sebagai sebuah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya atau stored program lalu menghasilkan output informasi.

2. American Standard Institute

Masih di dalam buku yang disusun oleh Wimatra, dkk (2008), disebutkan oleh American Standard Institute bahwa komputer pada dasarnya ialah suatu pemroses data atau data processor yang dapat melakukan perhitungan yag besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa sedikitpun campur tangan dari manusia untuk mengoperasikannya selama pemrosesan.

3. Wimatra, dkk (2008)

Dalam kesimpulan Wimatra dkk mengenai arti penting dari sebuah komputer mengatakan bahwa yang dimaksud dengan sebuah komputer ialah suatu sistem perangkat elektronik yang mempunyai tujuan untuk melakukan proses pengolahan data, yang kemudian dapat menghasilkan suatu informasi yang berguna.

Ditambahkan juga bahwa suatu komputer harus memiliki beberapa elemen agar bisa bekerja dengan baik dan juga bermanfaat, yakni elemen brainwae atau user, hardware atau perangkat keras komputer dan juga software atau perangkat lunak komputer.

4. Arif Susanto

Susanto (2009) menjelaskan bahwa apa yang disebut dengan komputer merupakan sekelompok alat elektronik yang terdiri atas perintah input, alat yang mengolah input, serta peralatan output yang memberikan informasi serta bekerja secara otomatis.

Dejelaskan juga bahwa komputer berasal dari bahasa Latin, yakni Computare. Computare sendiri mempunyai arti untuk menghitung. Awalnya kata komputer ini ditujukan bagi mereka yang memiliki pekerjaan untuk melakukan perhitungan aritmatika, baik secara manual maupun menggunakan alat bantu hitung.

5. Robert H. Blissmer

Blissmer (dalam Susanto, 2009) menjelaskan bahwa komputer ialah suatu alat elektronik yang dapat melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya lalu menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

6. Donald H. Sanders

Penjelasan lainnya yang terdapat pada paper milik Susanto (2009) mengenai pengertian dari komputer berasal dari pendapat yang dikemukakan oleh Sanders. Sanders (dalam Susanto, 2009) menjelaskan bahwa komputer ialah suatu sistem elektronik untuk memanipulasi data yg cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya dengan otomatis menerima dan menyimpan data input lalu memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi2 program yg tersimpan di memori atau stored program.

7. William M. Fouri

Dalam bukunya yang berjudul The Tool of Bussines, Fouri menyebutkan bahwa yang dimaksud dengan komputer ialah suatu pemroses data atau data processor yang dapat melakukan perhitungan yg besar dan cepat termasuk perhitungan arithmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia yang mengoperasikan selama pemrosesan.

8. Gordon B. Davis

Davis, dalam buku yang berjudul Introduction to The Computer menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan komputer ialah merupakan suatu tipe khusus dari alat penghitung uang mempunyai sifat tertentu yang pasti.

9. Elias M.Awad

Awad menjelaskan bahwa apa yang dimaksud dengan sebuah komputer merupakan suatu alat hitung yang memiliki kegunaan dan juga fungsi untuk memproses data yang kemudian dapat disajikan dalam bentuk data, baik secara digital, maupun secara analog.

10. Larry Long dan Nancy Long

Long & Long menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan komputer ialah sebuah alat hitung elektronik yang mampu menginterpresentasikan dan juga melaksanakan perintah program untuk input, output, perhitungan, serta operasi-operasi logik lainnya.

11. Williams Sawyer

Komputer ialah sebuah mesin multiguna yang dapat dilakukan pemrograman, dan dapat deprogram, dimana mesin–mesin tersebut dapat menerima data yang berupa fakta dan gambar kasar, lalu memproses atau memanipulasi data tersebut menjadi sebuh informasi yang dapat digunakan oleh usernya.

12. Jhon J. Longkutoy

Jhon J. Longkutoy, benjelaskan bahwa apa yang dimaksud dengan computer ialah suatu alat atau mesin pemecah persoalan dan atau sebuah mesin dan alat pengolah data yang dapat menghasilkan suatu informasi yang diperlukan dan juga berguna bagi usernya.

13. June Parsons

Berpendapat bahwa komputer ialah perangkat serba guna yang menerima input,proses data, penyimpanan data, dan menghasilkan output, semua menurut serangkaian instruksi dan di simpan.

14. Garry b. Shelly & Randolph E. Gunter

Mereka menyatakan bahwa komputer ialah perangkat elektronik yang beroperasi di bawah kendali instruksi lalu di simpan dalam memori, yang dapat menerima data seta mengelolah data sesuai dengan aturan yang ditetapkan dan memproduksi hasil.

Itulah sekilas penjelasan tentang 14 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>