11 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

11 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Posted on

11 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli – Secara umum budaya ialah hasil cipta, rasa dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang kompleks dengan mencakup pengetahuan, keyakinan, seni, susila, hukum adat dan setiap kecakapan, dan kebiasaan. Koentjaraningrat berpendapat bahwa kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yakni berasal dari kata Budhayah yang merupakan bentuk jaka dari kata budhi, yang artinya akal. Jadi, kebudayaan dapat berari sebagai hal-hal yang bersangkutan dengan akal.

11 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Selain itu, ada juga orang-orang yang mengupas kata budaya sebagai suatu turunan dari kata majemuk budi jaya yang artinya daya dari akal. Sementara itu, kata culture dalam bahasa Inggris berasal dari kata Latin colere yang artinya mengolah, mengerjakan, khususnya mengolah tanah atau bertani. Pengertian ini terus berkembang dimana kata culture diartikan sebagai rupa dan tindakan manusia untuk mengolah tanah dan mengubah alam.

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli

Selain dari pengertian diatas, terdapat beberapa pengertian kebudayaan yang dikemukakan oleh para ahli antara lain:

Koentjaraningrat

Koentjaraningrat mengemukakan bahwa pengertian kebudayaan ialah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengn belajar.

Selo Soemardjan dan Soeleman Soemardi

menurut mereka Kebudayaan artinya semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Ki Hajar Dewantara

Menurut Ki Hajar Dewantara kebudayaan ialah buah budi manusia yakni hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti dari kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam hidup dan penghidupannya untuk mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.

Drs. Mohammad Hatta

Menurut Drs. Mohammad Hatta pengertian kebudayaan ialah ciptaan hidup dari suatu bangsa.

R. Seokmono

Menurut R. Soekmono kebudayaan ialahh segala hasil usaha manusia, baik berupa benda ataupun hanya berupa buah pikiran dan dalam penghidupan.

Parsudi Suparlan

Pasudi Suparlan mengemukakan bahwa pengertian kebudayaan ialah sebagai keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakannya untuk memahami dan menginterpretasikan lingkungan dan pengalamannya, dan menjadi landasan bagi tingkah lakunya.

Kluckhohn dan Kelly

Kluckhohn dan Kelly mengemukakan kebudayaan ialah semua rancangan hidup yang tercipta secara historis, baik yang tersurat maupun yang tersirat, rasional, irasional yang ada pada suatu waktu sebagai pedoman yang potensial untuk perilaku manusia.

E.B. Taylor

Pengertian kebudayaan menurut E.B. Taylor ialah suatu keseluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, kesusilaan, hukum, adat istiadat, serta kesanggupan dan kebiasaan lainnya yang dipelajari oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

Nostrand

Menurut Nostrand kebudayaan merupakan sebagai sikap dan kepercayaan, cara berfikir, berperilaku serta mengingat bersama oleh anggota komunitas tersebut.

Bounded et. Al

Pengertian kebudayaan ialah hal-hal yang berbentuk oleh pengembangan dan transmisi dari kepercayaan manusia melalui simbol-simbol tertentu.

Sir Edwards B Tylor

Pengertian kebudayaan menurut Sir Edwards B. Tylor ialah keseluruhan kompleks dari ide dan segala sesuatu yang dihasilkan mausia kesamaan pengalaman historis.

Itulah sekilas 11 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli, terima kasih telah menyempatka membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami, dan anda bisa meninggalkan jejak pada komentar dibawah.

Baca Juga >>>