Rumus Kimia Natrium Benzoat

Rumus Kimia Natrium Benzoat

Posted on

Rumus Kimia Natrium Benzoat – Kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Natrium Benzoat. Pembahasan kita kali ini mencakup Pengertian beserta rumus kimia dari Natrium Benzoat. Dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan singkatnya berikut ini :

Pengertian Natrium Benzoat

Natrium benzoat merupakan salah satu jenis dari bahan pengawet organik pada makanan, dimana natrium benzoat ini merupakan garam atau ester dari asam benzoat (C6H5COOH) yang secara komersial dibuat dengan sintesis kimia.

Natrium benzoat sendiri dikenal juga dengan nama Sodium Benzoat atau Soda Benzoat. Bahan pengawet ini merupakan garam asam Sodium Benzoic, yakni lemak tidak jenuh ganda yang telah disetujui penggunaannya oleh FDA dan telah digunakan oleh para produsen makanan & minuman selama lebih dari 80 tahun untuk menekan pertumbuhan mikroorganisme.

Natrium benzoat dapat menahan bakteri & jamur dalam kondisi asam. Digunakan dalam makanan yang bersifat asam seperti minuman berkarbonasi, jus, selai buah, dan lain-lain. Juga digunakan sebagai tambahan pada obat dan kosmetik.

Natrium benzoat juga dapat digunakan sebagai perawatan untuk gangguan siklus urea. Dan juga dipergunakan dalam kembang api sebagai bahan bakar pada bubuk yang dapat bersiul jika dimampatkan kedalam sebuah tabung dan dinyalakan.

Natrium Benzoat diproduksi dengan menetralkan asam benzoat dengan natrium hidroksida. Dan bisa juga dibuat dengan menambahkan asam benzoat ke larutan natrium karbonat pekat panas sampai buihnya hilang. Larutan ini kemudian berevaporasi, dingin, dan mengkristal sampai kering, kemudian terbentuk butiran. Natrium benzoat juga aman untuk dikonsumsi. Kucing secara signifikan kurang toleran terhadap asam benzoat dan garam-garamnya daripada tikus.

Rumus Kimia

Rumus kimia dari Natrium Benzoat adalah c7H5NaO2

Rumus Strukturnya :

Rumus Kimia Natrium Benzoat

Itulah ulasan sekilas penjelasan tentang Rumus Kimia Natrium Benzoat, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>