Perbedaan Fluida Statis dan Dinamis Dalam Kehidupan Sehari Hari

Perbedaan Fluida Statis dan Dinamis Dalam Kehidupan Sehari Hari

Posted on

Perbedaan Fluida Statis dan Dinamis Dalam Kehidupan Sehari Hari – Fluida merupakan suatu zat yang bisa mengalami perubahan-perubahan bentuknya secara terus-menerus, jika terkena tekanan/gaya geser walaupun relatif kecil atau bisa juga dikatakan suatu zat yang mengalir, kata fluida sendiri mencakup zat cair, gas, air, dan udara karena zat-zat ini dapat mengalir. Sebaliknya batu dan benda2 keras (seluruh zat-zat padat tidak bisa dikategorikan sebagai fluida karena zat-zat tersebut tidak bisa mengalir secara terus menerus).

Perbedaan Fluida Statis dan Dinamis Dalam Kehidupan Sehari Hari

Fluida di bagi menjadi 2 bagian yaitu:

1. Fluida Statis (Fluida yang diam)
2. Fluida dinamis (Fluida yang bergerak)

Fluida Statis

Fluida Statis merupakan fluida yang berada pada fase diam atau fluida dalam keadaan bergerak namun tidak ada perbedaan kecepatan antar partikel fluida tersebut atau bisa pula dikatakan bahwa partikel-partikel fluida tersebut bergerak dengan kecepatan seragam sehingga tidak mempunyai gaya geser.

Contoh dari fenomena fluida statis ini bisa dibagi menjadi statis sederhana dan tidak sederhana. Adapun contoh fluida statis sederhana ialah air bak yang tidak dikenai gaya oleh gaya apapun, seperti gaya angin, panas, dan gaya lainnya yang mengakibatkan air di bak tersebut tidak bergerak. Dan contoh dari fluida statis tidak sederhana yaitu air sungai yang mempunyai kecepatan seragam pada setiap partikel di berbagai lapisan dari permukaan sampai ke dasar sungai.

Fluida Dinamis

Fluida Dinamis merupakan fluida yang bergerak. Fluida ini dianggap memiliki kecepatan yang konstan terhadap waktu (steady), tidak mengalami perubahan volume, tidak kental, dan tidak pula mengalami putaran (turbulen).

Penyelesaian dalam menghitung fluida dinamis biasanya akan melibatkan perhitungan banyak properti sebagai kecepatan, tekanan, kepadatan, serta suhu sebagai fungsi ruang dan waktu. Fluida ini memiliki aplikasi yang luas dalam penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Contoh yang sangat mudah kita temukan ialah untuk menghitung gaya dan moment pada sebuah pesawat terbang, mass flow rate dari petroleum dalam jalur pipa bensin, bahkan digunakan untuk perkiraan cuaca.

Perbedaan Fluida Statis dan Dinamis

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa perbedaan dari fluida statis dan dinamis yang secara sederhana dapat di katakan bahwa fluida statis merupakan fluida yang berada pada fase tidak bergerak sedangkan sebaliknya fluida dinamis merupakan fluida yang berada pada fase bergerak.

Itulah sekilas penjelasan perbedaan fluida statis dan dinamis dalam kehidupan sehari hari, terima kasih telah menyempatka membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami.

Baca Juga >>>