Perbedaan Akuntansi Biaya dengan Akuntansi Keuangan

Perbedaan Akuntansi Biaya dengan Akuntansi Keuangan

Posted on

Perbedaan Akuntansi Biaya dengan Akuntansi Keuangan – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang perbedaan antara Akuntansi Biaya dan Akuntansi Keuangan. Sebelum mengetahui akan perbedaan antara keduanya, baiknya kita terlebih dahulu mengetahui definisi singkat dari Akuntansi Biaya dan Akuntansi Keuangan. Dan untuk jelasnya silahkan simak penjelasannya berikut ini :

Perbedaan Akuntansi Biaya dengan Akuntansi Keuangan

Pengertian Akuntasi Biaya dan Akuntansi Keuangan

Berikut ini Pengertian dari Akuntansi dan Akuntasi Keuangan :

Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya merupakan suatu bidang akuntansi yang diperuntukkan dalam proses pelacakan, pencatatan, dan analisa terhadap biaya-biaya yang berhubungan dengan aktivitas suatu organisasi untuk dapat menghasilkan barang atau jasa. Biaya sendiri didefinisikan sebagai waktu dan sumber daya yang dibutuhkan serta menurut konvensi diukur dengan satuan mata uang.

Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan merupakan bagian dari akuntansi yang berkaitan dengan hal penyiapan laporan keuangan untuk pihak luar, yaitu seperti : pemegang saham, kreditor, pemasok, serta pemerintah. Prinsip utama yang dipakai dalam akuntansi keuangan ini ialah persamaan akuntansi (Aset = Liabilitas + Ekuitas).

Perbedaan Akuntansi Biaya dan Akuntansi Keuangan

Berikut ini Pengertian dari Akuntansi dan Akuntasi Keuangan :

Akuntansi Biaya

Akuntansi Biaya disini berfokus untuk menghitung biaya dari suatu produk yang mengandung unsur bahan baku, tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik serta memusatkan pada akumulasi biaya, penilian persediaan dan perhitungan serta penetapan harga pokok untuk suatu produk, dan hanya menekankan pada sisi biayanya saja.

Akuntansi Keuangan

Sedangkan Akuntansi Keuangan lebih berfokus pada proses penyusunan laporan yang selanjutnya akan diberikan kepada pemilik perusahaan.

Itulah sekilas penjelasan tentang Perbedaan Akuntansi Biaya dengan Akuntansi Keuangan, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>