Pengertian Working Capital dan Rumus Working Capital

Pengertian Working Capital dan Rumus Working Capital

Posted on

Pengertian Working Capital dan Rumus Working Capital – Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Working Capital atau Modal Kerja. Dan untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasannya berikut ini :

Pengertian Working Capital dan Rumus Working Capital

Pengertian Working Capital

Working Capital merupakan berhubungan erat dengan operasi perusahaan sehari-hari & juga menunjukkan Margin of Safety bagi para kreditor jangka pendek perusahaan. Dengan Working Capital yang cukup memungkinkan perusahaan bisa beroperasi dengan lebih efisien dan perusahaan tidak akan mengalami kesulitan.

Working capital (modal kerja) didefinisikan sebagai investasi jangka pendek bersih yang dibutuhkan dalam melaksanakan setiap ativitas. Selama beberapa dekade, pengukuran dan pengungkapan working capital dalam laporan keuangan telah dianggap sebagai fungsi akuntansi yang tepat. Dan penggunaan konsep ini dalam analisis keuangan pun diterima dengan hampir tanpa pertanyaan.

Namun dengan perkembangan yang seperti saat ini bukan berarti bahwa konsep working capital tidak memenuhi masalah serius dalam sejarahnya.

Adapun beberapa kendala yang dihadapi adalah, sebagai berikut :

  1. Ketidakkonsistenan dalam pengukuran berbagai macam komponen modal kerja,
  2. Perbedaan opini atas unsur modal kerja,
  3. Kekurangtepatan pengertian beberapa istilah yang terlibat dalam pendefinisian unsur-unsur modal kerja, misalnya likuiditas dan current. (Diresume oleh : Nurfita Kusuma Dewi)

Dengan adanya informasi Working Capital (modal kerja), Anda bisa mengelola bisnis dengan baik serta membuat keputusan investasi yang tepat. Dengan menghitung Working Capital, Anda juga dapat menentukan apakah sebuah perusahaan mampu membayar kewajiban jangka pendeknya & dalam waktu berapa lama. Perusahaan yang kekurangan atau tidak punya modal kerja (Working Capital) akan bermasalah di kemudian hari. Perhitungan modal kerja sangat berguna untuk menilai apakah kegiatan bisnis sudah cukup efisien dalam memanfaatkan sumber daya perusahaan.

Rumus Working Capital

Rumus untuk menghitung Working Capital (modal kerja) ialah:

Modal kerja = aktiva lancar – utang lancar

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian Working Capital dan Rumus Working Capital, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>