Pengertian ROA dan Rumus ROA

Pengertian ROA dan Rumus ROA

Posted on

Pengertian ROA dan Rumus ROA – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang ROA. Dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

Pengertian ROA

Return on Assets atau ROA ialah rasio keuangan perusahaan yang berhubungan dengan profitabilitas mengukur kemampuan perusahaan menghasilka keuntungan atau laba pada tingkat pendapatan, modal saham tertentu dan aset. Kita dapat menilai apakah perusahaan telah efisien dalam menggunakan aktivanya dalam kegiatan operasi untuk menghasilkan keuntungan dengan mengetahui ROA tersebut. Ini pengertian ROA menurut Hanafi dan Halim (2003:27)

Net income atau laba bersih ialah ukuran pokok keseluruhan keberhasilan perusahaan. Keuntungan dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk mendapat pinjaman dan pendanaan ekuitas, kemampuan perusahaan untuk berubah dan posisi likuiditas perusahaan. Jumlah laba yang di peroleh dengan teratur dan kecenderungan atau ternd keuntungan yang meningkat ialah suatu faktor yang sangat penting dan perlu mendapatkan perhatian penganalisa dalam menilai profitabilitas suatu perusahaan.

Pengertian ROA dan Rumus ROA

Munawir menjelaskan profitabilitas atau rentabilitas di pakai untuk mengukur efisiensi penggunaan modal dalam suatu perusahaan dengan memperbandingkan antara keuntungan dengan modal yang di gunakan dalam operasi, karenanya laba yang besar tidak menjamin atau bukan merupakan ukuran bahwa perusahaan tersebut rentable. Bagi pihak lain atau manajemen, rentabilitas yang tinggi lebih penting dari pada laba yang besar.

Mardiyanto menjelaskan ROA ialah rasio yang di gunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan yang berasal dari aktivitas investasi. Menurut Dendawijaya rasio do gunakan untuk mengukur kemampuan manajemen dalam memperoleh laba dengan keseluruhan. Semakin besar ROA maka akan semakin besar pula tingkat keuntungan yang di capai oleh perusahaan tersebut dan akan semakin baik pula posisi perusahaan tersebut dari segi penggunaan asset.

Lestari dan Sugiharto menjelaskan Roa merupakan rasio yang di gunakan untuk mengukur keuntungan bersih yang di peroleh dari penggunaan aktiva. Semakin tinggi rasio maka akan semakin baik produktivitas asset dalam memperoleh keuntungan bersih. Selanjutnya akan meningkatkan daya tarik perusahaan kepada investor. Menaikan daya tarik perusahaan menjadikan perusahaan tersebut semakin diminati oleh investor, ini karena tingkat pengembalian atau deviden akan semakin besar. Semua ini akan berdampak pada harga saham dari perusahaan tersebut di pasar modal yang semakin meningkat sehingga ROA akan berpengaruh terhadap harga saham perusahaan. Menurut mereka angka ROA bisa di katakan baik jika lebih dari 2%.

Roa sendiri bisa membantu perusahaan yang telah menjalankan praktik akuntansi dengan baik agar dapat mengukur efisiensi penggunaan modal yang menyeluruh, sensitif terhadap setiap hal yang mempengaruhi keadaan keuangan perusahaan sehingga bisa di ketahui posisi perusahaan terhadap industri. Ini merupakan salah satu langkah dalam perencanaan strategi.

Rumus ROA

ROA = Laba Bersih X 100%
                Total Aset

Itulah ulasan sekilas penjelasan tentang Pengertian ROA dan Rumus ROA, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>