Pengertian Quick Ratio dan Rumus Quick Ratio

Pengertian Quick Ratio dan Rumus Quick Ratio

Posted on

Pengertian Quick Ratio dan Rumus Quick Ratio – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Quick Ratio. Pembahasan kita kali ini tentang Pengertian Beserta Rumus Quick Ratio. Dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

Pengertian Quick Ratio dan Rumus Quick Ratio

Pengertian Quick Ratio (Rasio Cepat)

Rasio Cepat (Quick Ratio) atau sering juga disebut sebagai Rasio Cair (Acid-Test Ratio) merupakan sebuah rasio yang digunakan dalam mengukur kemampuan suatu perusahaan dalam menggunakan aktiva lancar untuk menutupi utang lancarnya. Adapun yang termasuk ke dalam rasio lancar ialah aktiva lancar yang dapat dengan cepat diubah dalam bentuk kas, termasuk di dalamnya akun kas, surat-surat berharga, beban dibayar di muka, piutang dagang, dan pendapatan yang masih harus diterima.

Persediaan barang dagang tidak dihitung walaupun termasuk dalam aktiva lancar, karena persediaan dianggap sebagai aktiva lancar yang sulit diubah menjadi kas.

Rasio ini juga menunjukkan kemampuan aktiva lancar yang paling likuid mampu menutupi hutang lancar. Dan semakin besar rasio ini maka semakin baik. Angka rasio ini tidak harus 100% (seratus Persen) atau 1:1. Walaupun rasionya tidak mencapai 100% tapi mendekati 100% juga sudah dikatakan sehat (Harahap, 2002:302).

Rumus Quick Ratio (Rasio Cepat)

Suatu perusahaan harus mampu membayar kewajiban (Hutang) lancarnya dalam periode waktu jangka pendek, biasanya 1 (satu) tahun.

Salah satu ukuran kemampuan perusahaan dalam melakukan pembayaran ini ialah rasio cepat (Quick Ratio).

Dan Rumus dari Quick Ratio ialah sebagai berikut :

Rasio Cepat/Rasio Cair = Aktiva – Persedian : Utang Lancar
Atau
Quick Ratio/Acid-Test Ratio = Current Assets – Inventory : Current Liabilities

Rasio cepat mengukur kemampuan dari perusahaan untuk membayar utang dengan segera, dengan memakai aktiva cepat yang dimilikinya. Rasio ini juga mengindikasikan kapasitas sebuah perusahaan untuk tetap beroperasi dan bertahan dalam kondisi keuangan yang buruk. Idealnya, Rasio Lancar berada pada angka 1:1 atau minimal 0.8:1, kurang dari itu, perusahaan dianggap mempunyai masalah keuangan.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian Quick Ratio dan Rumus Quick Ratio, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>