Pengertian Natrium Sulfat dan Rumus Kimia Natrium Sulfat

Pengertian Natrium Sulfat dan Rumus Kimia Natrium Sulfat

Posted on

Pengertian Natrium Sulfat dan Rumus Kimia Natrium Sulfat – Di kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Natrium Sulfat. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

Rumus Kimia

Rumus kimia dari natrium sulfat ialah Na2SO4 yang sering disebut salt cake. Ini merupakan padatan yang berbentuk kristal putih yang dapat larut di dalam air dan gliserol. Akan tetapi senyawa ini tidak mudah terbakar dan tidak beracun. Natrium sulfat umumnya di produksi dengan melalui proses Hargraves dengan reaksi pembentukan:

4NaCl + 2SO2 + 2H2O + O2 –> 2Na2SO4 + 4HCl

Senyawa ini banyak di gunakan dalam rangkka memnuhi kebutuhan industri, seperti pada indusri pembuatan kertas dan pulp, flat glass, detergen, keramik, tekstil, zat pewarna, farmasi serta sebagai reagent di lab kimia.

Selain dengan proses Hargraves, senyawa ini juga bisa dihasilkan dengan cara pemurnian garam natrium sulfat atau pertambangan atau sebagai produk lain dar produksi fenol. Di Indonesia, natrium sulfat biasanya di produsi sebagai bentuk lain dari industri viscose rayon.

Pengertian Natrium Sulfat dan Rumus Kimia Natrium Sulfat

Pengertian Natrium Sulfat

Natrium sulfat merupakan garam natrium dari asam sulfur. Dalam bentuk anhidratnya, natrium sitrat berbentuk padatan kristal putih dengan rumus kimia Na2SO4, atau lebih dikenal dengan nama mineral tenardit. Sedangkan bentuk dekahidratnya mempunyai rumus kimia Na2SO4·10H2O yang lebih dikenal dengan garam Glauber atau sal mirabilis. Bentuk heptahidratnya juga berupa padatan, yang akan berubah menjadi mirabilit saat didinginkan. Dengan produksi sebesar 6 juta ton per tahunnya maka natrium sulfat merupakan salah satu komoditas bahan kimia utama.

SEJARAH NATRIUM SULFAT

Hidrat natrium sulfat dikenal sebagai Salt Glauber setelah seorang kimiawan yang berasal dari Belanda/Jerman dan Johann Rudolf Glauber yang jugaseorang apoteker (1604-1670), yang menemukan senyawa ini pada tahun 1625 di mata air Austria. Beliau menamakannya sal mirabilis atau garam ajaib, karena sifat obat nyatersebut maka kristal ini digunakan sebagai pencahar. Dengan tujuan umum, sampai alternatif yang lebih canggih muncul pada tahun 1900.

Pada abad 18, garam Glauber mulai digunakan sebagai bahan baku untuk produksi industri soda abu atau natrium karbonat, dengan melalui reaksi dengan kalium atau kalium karbonat. Permintaan untuk soda abu mulai meningkat dan pasokan natrium sulfat harus meningkat sejalan. Oleh karena hal tersebut, pada abad ke sembilan belas, proses Leblanc, mulai memproduksi natrium sulfat sintetis sebagai suatu perantara kunci, kemudian menjadi metode utama produksi soda abu.

Itulah ulasan sekilas penjelasan tentang Pengertian Natrium Sulfat dan Rumus Kimia Natrium Sulfat, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>