Pengertian Molekul Senyawa dan Rumus Molekul Senyawa

Pengertian Molekul Senyawa dan Rumus Molekul Senyawa

Posted on

Pengertian Molekul Senyawa dan Rumus Molekul Senyawa – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang molekul senyawa. Tapi alangkah baiknya kita mengetahui definisi dari Molekul itu sendiri. Dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut :

Pengertian Molekul Senyawa dan Rumus Molekul Senyawa

Pengertian Molekul

Molekul merupakan bagian terkecil dan tidak terpecah dari suatu senyawa kimia murni yang masih mempertahankan sifat kimia & fisika yang unik.

Suatu molekul itu terdiri dari 2 (dua) atau lebih atom yang terikat satu sama lain. Dan sebagai contohnya, yaitu : molekul air merupakan kombinasi dari 2 (dua) atom hidrogen dan 1 atom oksigen.

Berdasarkan jenis atom yang menyusun molekul, molekul sendiri terbagi menjadi 2 (dua) jenis, yaitu molekul unsur dan molekul senyawa.

Dan untuk pembahasan kali ini kita hanya akan membahas Molekul Senyawa.

Pengertian Molekul senyawa

Molekul senyawa merupakan partikel terkecil dari suatu senyawa yang masih memiliki sifat yang sama dengan senyawa itu.

Molekul senyawa bisa dibentuk dari penggabungan atom unsur-unsur yang sama (molekul unsur) ataupun atom unsur-unsur yang berbeda (molekul senyawa).

Dan contoh dari molekul senyawa, yaitu air yang mempunyai rumus kimia H2O. Air sendiri tersusun atas dua atom H dan satu atom O.

Penulisan Rumus Kimia Senyawa

Setiap senyawa tentunya memiliki rumus kimia, yakni rumus yang menyatakan banyaknya atom dari unsur-unsur yang membentuk suatu senyawa.

Rumus kimia senyawa dapat diketahui, yaitu;
a. Jenis unsur yang membentuk senyawa itu
b. Banyaknya atom tiap unsur yang menyusun senyawa tersebut.

Angka yang menyatakan banyaknya atom suatu unsur pada tiap molekul senyawa disebut angka indeks. Angka ini sendiri ditulis di belakang lambang unsur agak ke bawah (subcript).

Angka koefisien ialah banyaknya atom suatu unsur atau molekul senyawa yang ditulis di depan rumus kimia senyawa atau lambang atom unsur tersebut.

Angka koefisien yang digunakan untuk menyetarakan jumlah atom suatu unsur yang terlibat dalam reaksi kimia. Nilai satu untuk angka indeks & angka koefisien tidak ditulis.

Rumus Molekul Senyawa

Secara umum, Rumus Molekul Senyawa ditulis sebagai berikut :

nAxByCz

A, B, dan C = lambang unsur penyusun senyawa
x, y, dan z = angka indeks
n = koefisien

Berikut ini beberapa Nama senyawa berikut Rumus Kimianya :

Pengertian Molekul Senyawa dan Rumus Molekul Senyawa

Itulah ulasan sekilas penjelasan tentang Pengertian Molekul Senyawa dan Rumus Molekul Senyawa, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>