Pengertian Dan Jenis Pelapukan Serta Contoh

Pengertian Dan Jenis Pelapukan Serta Contoh

Posted on

Pengertian Dan Jenis Pelapukan Serta Contoh – Apakah kalian tahu bahwa salah satu faktor pembentuk permukaan bumi ialah dengan adanya pengaruh tenaga eksogen, diantara tenaga eksogen yang mempengaruhi ialah pelapukan, erosi, sedimentasi, serta longsoran. Pada kesempatan kali ini disini akan mengulas tentang semua 7ang berhubungan tentang pelapukan, mulai dari pengertian pelapukan, jenis pelapukan, serta contoh pelapukan dengan lengkap.

Pengertian Dan Jenis Pelapukan Serta Contoh

Pengertian Pelapukan

Pelapukan ialah suatu peristiwa penghancuran massa batuan, baik secara fisika, kimiawi maupun secara biologis. Proses pelapukan batuan memerlukan waktu yang sangat lama. Seluruh proses pelapukan pada umumnya dipengaruhi oleh cuaca. Batuan yang mengalami proses pelapukan akan berubah menjadi tanah. Jika tanah tersebut tidak bercampur dengan mineral lain, maka tanah tersebut dinamakan tanah mineral.

Jenis-Jenis Pelapukan

Berdasarkan penyebabnya proses pelapukan bisa dibedakan menjadi tiga jenis:

1. Pelapukan Kimia

Pelapukan Khemis atau pelapukan kimia, proses terjadi karena adanya suatu reaksi kimia yang menyebabkan hancurnya batuan. Pelapukan jenis ini akan terjadi dengan cepat di daerah yang sangat panas atau sangat dingin.

Contoh dari pelapukan kimia:

Peristiwa pelapukan dengan proses kimia bisa terjadi karena batuan bereaksi dengan bahan kimia tertentu, contohnya pada batuan gamping yang melapuk karena terkena air.

2. Pelapukan Fisika

Pelapukan mekanik atau pelapukan fisika ialah suatu proses hancurnya batuan karena proses fisika pada batuan tersebut. Biasanya pelapukan dengan jenis ini tidak akan mengubah sebuah sifat dasar dan komposisi batuan yang mengalaminya.

Pelapukan fisika sendiri biasanya terjadi karena temperatur di sekitar batuan selalu berubah-ubah dengan cepat. Peristiwa pelapukan fisika bisa terjadi ini karena batuan mengalami perubahan mekanik.

Contoh dari pelapukan fisika:

Contohnya sebuah batu pada siang hari akan memuai karena panas matahari dan pada malam hari akan mengerut karena udara dingin.

3. Pelapukan Biologi

Pelapukan organik atau pelapukan biologi ialah suatu proses hancurnya batuan karena kegiatan makhluk hidup. Biasanya pelapukan biologi dibarengi oleh pelapukan kimia.

Contoh dari pelapukan biologi:

Pada batu yang hancur karena ditumbuhi oleh lumut dan tanaman lain, atau batu yang berlubang karena dilubangi semut.

Itulah sekilas tentang Pengertian Dan Jenis Pelapukan Serta Contoh, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami.

Baca Juga >>>