Pengertian Current Ratio dan Rumus Current Ratio

Pengertian Current Ratio dan Rumus Current Ratio

Posted on

Pengertian Current Ratio dan Rumus Current Ratio – Di kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Current Ratio. Dan berikut ini penjelasan singkatnya :

Pengertian Current Ratio

Current ratio (rasio lancar) merupakan rasio yang sangat berguna untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam hal melunasi kewajiban-kewajiban jangka pendeknya, dimana dapat diketahui hingga seberapa jauh sebenarnya jumlah aktiva lancar perusahaan dapat menjamin utang lancarnya. Semakin tinggi rasio berarti akan terjamin utang-utang perusahaan kepada kreditur. Rasio ini dipergunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban jangka pendek dengan menggunakan aktiva lancar yang dimiliki.

Pengertian Current Ratio dan Rumus Current Ratio

Rumus Current Ratio

Ratio Current ini membandingkan aktiva lancar dengan hutang lancar. Current Ratio memberikan informasi tentang kemampuan dari aktiva lancar untuk menutup hutang lancar. Aktiva lancar meliputi kas, piutang dagang, efek, persediaan, serta aktiva lainnya. Sedangkan hutang lancar meliputi hutang dagang, hutang wesel, hutang bank, hutang gaji, serta hutang lainnya yang segera harus dibayar (Sutrisno, 2001:247).

Dan berikut ini Rumus current ratio adalah :

Current Ratio = Aktiva Lancar dibagi Utang Lancar

Semakin besar perbandingan aktiva lancar dengan hutang lancar, maka semakin tinggi pula kemampuan perusahaan dalam menutupi kewajiban jangka pendeknya. Apabila rasio lancar 1:1 atau 100% berarti bahwa aktiva lancar dapat menutupi seluruh hutang lancar. Jadi, dikatakan sehat jika rasionya berada di atas 1 atau diatas 100%. Artinya aktiva lancar haruslah jauh di atas jumlah hutang lancar (Harahap, 2002:301)

loading...

Penjelasan

Untuk lebih jelas lagi silahkan baca penjelasan berikut ini :

Current ratio pada PT BATU AKIK adalah sebagai berikut (dalam rupiah):
Tahun 2015 : = 1,04
Tahun 2016 : = 1,05

Ini berarti kemampuan untuk membayar utang yang segera harus dipenuhi dengan aktiva lancar pada tahun 2015 ialah setiap Rp 1 utang lancar dijamin oleh aktiva lancar Rp 1,04. Pada tahun 2016 ialah setiap utang lancar Rp 1 dijamin oleh Rp 1,05 aktiva lancar.

Itulah ulasan sekilas penjelasan tentang Pengertian Current Ratio dan Rumus Current Ratio. terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


loading...