Pengertian Cash Ratio dan Rumus Cash Ratio

Pengertian Cash Ratio dan Rumus Cash Ratio

Posted on

Pengertian Cash Ratio dan Rumus Cash Ratio – Pada kesempatan kali ini kita masuk dalam pembahasan tentang Ratio atau Rasio. Dan inti dari pembahasan kita kali ini ialah tentang Cash Ratio. Untuk lebih memahami tentang Raatio, terlebih lagi Cash Ratio mari kita simak bersama ulasannya berikut ini :

Pengertian Ratio (Rasio)

Untuk memproleh gambaran tentang perkembangan finansial dalam perusahaan, perlunya mengadakan analisa atau interprestasi terhadap data finansial dari perusahaan yang bersangkutan, dimana data finansial tersebut tercermin didalam laporan keuangan. Ukuran yang sering digunakan dalam analisa finansial ialah ratio.

rasio keuangan merupakan cara membandingkan angka-angka yang ada dalam laporan keuangan untuk diketahui posisi keuangan suatu perusahaan serta menilai kinerja manajemen dalam suatu periode tertentu.

James C Van Horne yang dikutip dari kasmir (2008:104) : definisi rasio keuangan adalah indeks yang menghubungkan 2 (dua) angka akuntansi dan diperoleh dengan membagi satu angka dengan angka lainnya.

Ymumnya rasio keuangan bermacam-macam tergantung kepada kepentingan & penggunaannya, begitu pula perbedaan jenis perusahaan juga bisa menimbulkan perbedaan rasio-rasionya.

Ratio dalam keuangan dibagi kedalam 3 (tiga) bentuk umum yang sering dipergunakan, yakni : Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas ( Leverage ), dan Rasio Rentabilitas.

Adapun pembahasan kita kali ini merupakan cash ratio yang tergabung dalam Rasio Likuiditas (Liquidity Ratio).

Pengertian dan Rumus Cash Ratio (Rasio Lambat)

Pengertian Cash Ratio dan Rumus Cash Ratio

Cash Ratio Merupakan Ratio (Rasio) yang digunakan dalam mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar kewajiban jangka pendek dengan kas yang tersedia & yang disimpan di Bank. Cash Ratio sendiri dapat dihitung dengan Rumus yaitu :

Cash Ratio = (Kas + Efek) : Utang Lancar (Cash Ratio sama dengan Kas ditambah Efek dibagi dengan Utang Lancar)

Itulah ulasan sekilas penjelasan tentang Pengertian Cash Ratio dan Rumus Cash Ratio, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>