Pengertian Asam Sulfat dan Rumus Kimia Asam Sulfat

Pengertian Asam Sulfat dan Rumus Kimia Asam Sulfat

Posted on

Pengertian Asam Sulfat dan Rumus Kimia Asam Sulfat – Di kesempatan kali ini kita akan kemabali membahas tentang Asam pada kimia. Dan pembahasan kali ini kita akan membahas Asam sulfat. Dan untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

Pengertian Asam Sulfat dan Rumus Kimia Asam Sulfat

Pengertian Asam sulfat

Asam sulfat disebut sebagai bahan kimia yang universal, atau dapat disebut juga raja kimia karena berbagai aplikasi dari asam sulfat sebagai bahan baku atau agen pengolahan. Asam sulfat merupakan bahan kimia yang paling umum digunakan di seluruh dunia dan digunakan hampir di semua industri seperti :

  • Pupuk
  • Bensin
  • Farmasi
  • baterai mobil
  • pemutihan kertas
  • Sugar bleaching
  • Pengolahan air
  • agen sulfonasi
  • serat selulosa
  • pewarna
  • manufaktur baja
  • Intermediat asam amino
  • Regenerasi resin pertukaran ion

Asam Sulfat sendiri merupakan bahan kimia industri yang penting dan paling banyak digunakan dalam proses pembuatan berbagai barang melalui berbagai aplikasi. asam sulfat juga digunakan dalam industri pulp dan kertas untuk generasi klorin dioksida, untuk memecah minyak bumi rantai panjang dan penyesuaian pH. Di Inggris saja lebih dari satu juta ton asam sulfat dibuat setiap tahunnya, dengan tambahan 40 juta ton yang diproduksi di Amerika Serikat. Produksi dunia asam sulfat pada tahun 2001 adalah 165 juta ton. Asam sulfat merupakan asam yang kuat, seperti cairan berminyak mungkin akan terlihat jelas meskipun bentuknya berkabut. Asam sulfat pekat bertindak baik sebagai pengoksidasi dan agen dehidrasi. Asam sulfat tersedia di banyak kosentrasi mulai dari elektrolit kelas (33 persen berat) untuk baterai, 93 persen berat (66 deg Baume), 98 persen berat, dan 20-22 persen berat berasap oleum mengandung kelebihan terlarut sulfur trioksida. Kosentrasi yang paling sering dikirimkan ialah 93 persen berat.

Rumus Kimia

Asam sulfat memiliki rumus kimia H2SO4, Asam sulfat merupakan asam mineral (anorganik) yang kuat. Zat ini larut dalam air pada semua perbandingan.

Asam sulfat memiliki banyak kegunaan, termasuk dalam kebanyakan reaksi kimia. Kegunaan utama termasuk pemrosesan bijih mineral, sintesis kimia, pemrosesan air limbah dan pengilangan minyak.

Reaksi hidrasi (pelarutan dalam air) dari asam sulfat ialah reaksi eksoterm yang kuat. Jika air ditambah kepada asam sulfat pekat, akan terjadi pendidihan. Senantiasa tambah asam kepada air dan bukan sebaliknya. Sebagian dari masalah ini disebabkan karena perbedaan isipadu kedua cairan. Air kurang padu jika dibandingkan dengan asam sulfat dan cenderung untuk terapung di atas asam. Reaksi tersebut membentuk ion hidronium:

H2SO4 + H2O→ H3O+ + HSO4

Hal ini disebabkan karena asam sulfat bersifat mengeringkan, asam sulfat sendiri ialah agen pengering yang baik, dan digunakan dalam pengolahan kebanyakan buah-buahan kering.

Dan jika gas SO3 pekat ditambah kepada asam sulfat, ia akan membentuk H2S2O7. Ini dikenali sebagai asam sulfat fuming atau oleum atau, jarang-jarang sekali, asam Nordhausen.

Di atmosfer, zat ini termasuk salah satu bahan kimia yang menyebabkan hujan asam

Itulah ulasan sekilas penjelasan tentang Pengertian asam sulfat dan rumus kimia asam sulfat, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>