Pengertian Asam Nitrat dan Rumus Kimia Asam Nitrat

Pengertian Asam Nitrat dan Rumus Kimia Asam Nitrat

Posted on

Pengertian Asam Nitrat dan Rumus Kimia Asam Nitrat – Asam nitrat atau HNOmerupakan jenis cairan korosif yang tidak memiliki warna dan merupakan asam beracun yang bisa menyebabkan luka bakar pada kulit. Larutan HNOdengan kandungan asam nitrat lebih dari 86% dinamakan asam nitrat berasap dan di bagi dalam dua jenis yakni asam nitrat berwarna putih dan asam nitrat berwarna merah.

Pengertian Asam Nitrat dan Rumus Kimia Asam Nitrat

Asam nitrat merupakan asam kuat yang memiliki nilai pKa sebesar -2. Daam air Asam nitrat akan terdisosiasi menjadi ion – ionnya yakni ion nitrat NO3 dan ion hidronium atau H3O+. Garam yang berasal dari asam nitrat disebut garam nitrat seperti kalsium nitrat atau barium nitrat. Dalam suhu ruangan, senyawa ini berbentuk uap yang berwarna merah atau kuning. Asam nitart dan garamnya merupakan sesautu yang berbeda dengan asam nitrit dan garamnya.

Asam natrium murni ialah cairan yang tak memiliki warna dengan berat jenis 1.522 kg/m3. Akan membeku pada suhu -42 °C dan membentuk kristal – kristal putih dan mendidih pada suhu 83 °C. Saatmendidih pada suhu ruang, terdapat dekomposisi atau penguraian sebagian dengan pembentukan nitrogen dioksida setelah reaksi:

4HNO–> 2H2O + 4NO2 + O (72 °C)

ini berarti bahwa asam nitrat anhidrat lebih baik disimpan di bawah suhu 0 °C untuk menghindari penguraian. NOtetap larut dalam asam nitrat yang akan membuatnya berwarna kuning atau merah pada suhu yang lebih tinggi. Saat asam murni lebih banyak mengeluarkan asap putih saat terpapar ke udara, asam dengan nitrogen dioksida terlarut akan mengeluarkan uap dengan warna coklat kemerah – merahan, yang membuat ia di juluki dengan nama asam berasap merah atau asam nitrat berasap.

ASam nitrat juga bersifat asam seperti pada asam pada umumnya dan asam nitrat bereaksi pada alkali, oksida basa dan karbonat untuk membentuk garam. Asam nitrat umumnya tidak menyumbangkan proton karena ia mengoksidasi.

Sifat – Sifat Oksidasi:

  • Reaksi dengan logam
  • Pemasifan
  • Reaksi dengan non-logam

Rumus kimia Asam Nitrat ialah HNO3

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian Asam Nitrat dan Rumus Kimia Asam Nitrat, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>