Pengertian Amonium Nitrat dan Rumus Kimia Amonium Nitrat

Pengertian Amonium Nitrat dan Rumus Kimia Amonium Nitrat

Posted on

Pengertian Amonium Nitrat dan Rumus Kimia Amonium Nitrat – Amonium nitrat merupakan senyawa dengan rumus molekul NH4NO3. Amonium nitrat biasanya berbentuk padatan pada suhu ruangan dan tekanan standard. Sesuai dengan sifatnya yakni sebagai pengoksidasi, amonium nitrat mempunyai berbagai banyak fungsi dalam berbagai bidang. Sejak Perang Dunia pertama, amonium nitrat dikenal sebagai bahan baku peledak yang memiliki kekuatan tinggi sehingga sampai saat ini masih digunkan untuk berbagai keperluan.

Pengertian Amonium Nitrat dan Rumus Kimia Amonium Nitrat

NH4NO3 memiliki karateristik zat yang sangat khas karenanya penggunaan amonium nitrat lebih disukai dalam beberapa bidang, seperti dalam industri pembuatan roket. Amonium nitrat tidak hanya sebagai bahan peledak, senyawa ini juga mempunyai beberapa fungsi lain yang berguna untuk mensintesis zat kimia lainnya. Akan tetapi jika dilihat berdasarkan sifat, kegunaan, dan sisi histrosinya, maka faktor keamanan pengelolaan senyawa ini harus diperhatikan dan harus di jaga agar tidak menimbulkan dampak serta efek yang tidak diinginkan. Seperti apakah sebenarnya pengelolaan amonium nitrat dalam dunia perindustrian? Apakah hanya sebagai peledak, perannya selalu dipandang negatif di mata dunia?

Sejarah Penemuan dan Perkembangan Amonium Nitrat

Penyelidikan tetang bahan peledak yang semakin berkembang membawa para ilmuwan-ilmuwan ternama kepada suatu penemuan baru, yakni sebuah senyawa kimia yang bernama ammonium nitrat. Penemuan ini berawal dengan adanya kalium nitrat, yang merupakan suatu senyawa yang mudah meledak jika ditambahkan dengan zat lain. Hal ini mendorong pada pembuatan gun powder oleh orang-orang Cina yang kemudian digunakan pada senjata api, meriam, dan kembang api. Untuk mempercepat proses reaksi, para ilmuwan mengembangkan daya ledak yang lebih besar dengan mencampurkan nitrogen, karbon, oksigen, serta hidrogen. Nitrogliserin ialah zat dengan daya ledak dan kesensifitasan tinggi yang pertama kali ditemukan oleh seoran ilmuan yang bernama Afred Nobel. Kemudian zat ini digunakan sebagai bahan baku pembuatan dinamit. Sampai sekarang dinamit masih digunakan, akan tetapi telah digantikan oleh amonium nitrat.

Pada awalnya amonium nitrat disintesis oleh Johann R.Glauber pada tahun 1965 dengan mencampurkan amonium karbonat dengan asam nitrit. Akan tetapi daya ledaknya tidak ditemukan sampai Perang Dunia pertama. Sepanjang Perang Dunia pertama, sistem pembuat ammonium nitrat telah dibangun dan digunakan di Jerman untuk membekali keperluan bahan peledak di negara tersebut. Sistem tersebut dapat mensintesis ammonia dengan menggunakan proses Haber-Bosch yang telah dikembangkan oleh peraih Hadiah Nobel yakni Fritz Haber lalu diindustrialisasikan oleh Carl Bosch yang juga peraih Hadiah Nobel. Proses tersebut mencampurkan hidrogen dan nitrogen dibawah tekanan yang sangat tinggi untuk menghasilkan amonia.

Saat perang berakhir, kelebihan amonium nitrat dalam jumlah besar dibiarkan saat mesin sistem pembuat amunium dihentikan. Gundukan besar amonium nitrat disimpan di lapangan terbuka sebagai usaha untuk menguraikan zat untuk pembersihan, bahan peledak tersebut dimasukkan ke dalam gunduka. Tindakan ini bertolak belakang dengan harapan, seluruh gundukan diledakkan dan menyebabkan letusan sebanyak 4500 ton. Kejadian tersebut menelan korban sebanyak 600 jiwa. Dua insiden lain dimana amonium nitrat merupakan sumber dari bencana yang terjadi di Texas dan Oklahoma.

Kegunaan Lainnya Dari Amonium Nitrat:

– Bahan Baku Pupuk Nitrogen

Pencampuran pupuk amonium nitrat dan nitrogen dalam suatu bentuk yang keduanya dapat diserap oleh tanaman: amonia dan ion nitrat. Pupuk yang hanya mengandung nitrogen amonia biasanya tidak efektif, seperti kebanyakan tanaman lebiih banyak menyerap nitrogen dalam bentuk nitrat dan ion amonium harus diubah terlebih dahulu menjadi nitrat oleh mikroba sebelum terbentuknya nitrogen. Perubahan ini berjalan dengan lambat dan dalam temperatur yang dingin.

– Kegunaan dalam Bidang Industri

NH4NO3 digunakan untuk memodifikasi zeolit. Saat pertukaran ion, zeolit menukarkan ion natriumnya dengan NH4+ pada amonium nitrat. Proses ini akan membentuk katalis zeolit yang digunakan berbagai macam indsutri, seperti pada industri perminyakan:

a. Salah satu zat pengolah bijih titanium.
b. Digunakan dalam penyediaan N2O. NH4NO3(aq) ? N2O(g) + 2H2O(l)
c. Sebagai bahan baku amonia anhidrat, yang umumnya digunakan untuk membuat metamfetamin.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian Amonium Nitrat dan Rumus Kimia Amonium Nitrat, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>