Fungsi Endospora Pada Bakteri

Fungsi Endospora Pada Bakteri

Posted on

Fungsi Endospora Pada Bakteri – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas Fungsi dari Endospora, sebelum membahas fungsinya alangkah baiknya kita terlebih dahulu mengetahui, Apa itu Endospora? Untuk jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini.

Fungsi Endospora Pada Bakteri

Endospora sendiri merupakan sebuah fasa yang dilakukan oleh beberapa bakteri, yaitu seperti Bacillus dan Clostridium memproduksi bentuk pertahanan hidup pada kondisi yang tidak menguntungkan. Proses ini sering dikenal sebagai sporulasi. Spora bakteri berbeda dengan spora pada jamur. Spora bakteri ini tidak memiliki fungsi sebagai alat reproduksi. Endospora ini tahan terhadap kondisi lingkungan yang ekstrem seperti suhu yang tinggi, kekeringan, senyawa kimia beracun (disinfektan, antibiotik) serta radiasi sinar UV. Endospora bisa disebut sebagai fase tidur dari bakteri. Endospora mampu bertahan hingga kondisi lingkungan kembali menguntungkan, kemudian membentuk proses germinasi, dan membentuk bakteri sel tunggal

Struktur Endospora

Ketika dilakukan pengamatan menggunakan mikroskop cahaya, struktur ini sangat refraktif karena impermeabel terhadap pewarna yang umumnya digunakan untuk pengamatan bakteri. Strukturnya ini harus diamati oleh malakit green sehingga pewarna ini akan meresap ke dalam struktur dan dibantu dengan steam. Pengamatan ini menggunakan mikroskop elektron menunjukkan perbedaan yang sangat besar diantara sel vegetatif dan endospora. Endospora sendiri memiliki lapisan terluar, yaitu eksosporium. Di dalamnya terdapat beberapa lapisan protein. Dibawah eksosporium terdapat korteks, yang terdiri dari peptidoglikan yang terhubung silang secara longgar. Di dalam korteks, terdapat sebuah inti, yang mengandung dinding inti, sitoplasma, membran sitoplasma, nukleoid, ribosom, serta beberapa seluler yang esensial.

Fungsi Endospora

Kita telah sampai pada pokok pembahasan tentang Fungsi Endospora, baiklah silahkan simak penjelasannya berikut ini :

Fungsi Endospora yakni untuk melindungi tubuh bakteri dari lingkungan yang kurang menguntungkan. Perbedaan endospora dengan spora biasa : Endospora bersifat impermeable yaitu tahan terhadap kekeringan, sinar, suhu panas serta suhu yang dingin. Endospora sendiri merupakan bentuk dari bakteri yang tidak aktif (istirahat). Endospora terbentuk bila terjadi penumpukkan zat-zat metabolisme hasil eksresi bakteri yang mengganggu di sekitar sel. Dan bakteri dapat melepaskan endospora kembali saat lingkungan stabil terhadap tubuh bakterinya.

Itulah sekilas penjelasan tentang Fungsi Endospora Pada Bakteri, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

loading...

Baca Juga >>>


loading...