5 fungsi plasmid pada bakteri

5 Fungsi Plasmid Pada Bakteri

Posted on

5 Fungsi Plasmid Pada Bakteri – Kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Plasmid pada bakteri. Untuk jelasnya kita simak bersama ulasannya berikut ini :

Pengertian Plasmid

Plasmid merupakan DNA ekstrakromosomal yang bisa bereplikasi secara autonom dan bisa ditemukan pada sel hidup. Di dalam satu sel, bisa ditemukan lebih dari satu plasmid dengan ukuran yang sangat bervariasi namun semua plasmid tidak mengkodekan fungsi yang penting untuk pertumbuhan sel tersebut. Umumnya, plasmid sendiri mengkodekan gen-gen yang diperlukan agar bisa bertahan pada keadaan yang kurang menguntungkan sehingga jika lingkungan kembali normal, DNA plasmid dapat dibuang.

5 fungsi plasmid pada bakteri

Fungsi Plasmid

Sebagai suatu elemen genetik yang bereplikasi secara otonom, plasmid bisa digunakan sebagai vektor yang akan disisipi DNA asing. Untuk digunakan sebagai vektor, Dalam konteks rekayasa genetika, plasmid yang dimodifikasi untuk membawa gen non-diri yang disebut dengan vektor.

Dan berikut ini ada beberapa fungsi Plasmid menurut Jenisnya :

1. Plasmid Resistan (R-Plasmid):
Mereka mempunyai gen yang memungkinkan host untuk menjadi resisten terhadap antibiotik atau racun.

2. Plasmid degradatif:
Plasmid ini menanamkan sel inang dengan kemampuan untuk memetabolisme senyawa organik dan biasanya sulit atau tidak biasa seperti toluena dan asam salisilat.

3. Plasmid fertilitas (F-Plasmid):
Mereka terlibat dalam konjugasi bakteri, dan mempunyai gen (tra-) yang memulai pembentukan F-pilus untuk memungkinkan konjugasi. Materi genetik ditransfer melalui pilus ini antara sel-sel terkonjugasi. Ini ialah penularan sendiri, dan F-pilus juga disebut pilus seks.

loading...

4. Col Plasmid atau coligenik:
Plasmid ini sendiri menghasilkan racun yang disebut dengan bakteriosin yang mematikan bakteri, namun kepemilikan plasmid ini membuat inang tahan terhadap racun.

5. Tumor-inducing Plasmid (Ti-Plasmid):
Mampu mengubah sel inang menjadi patogen. Mereka terjadi di Agrobacterium tumefaciens, patogen yang mengakibatkan penyakit crown gall pada tanaman. Saat infeksi, plasmid ditransfer ke sel-sel normal dari tanaman di mana ia berproliferasi yang selanjutnya memperburuk penyakit dengan beralih ke keadaan tumor. Dalam keadaan seperti itu, sel-sel mensintesis racun, dan faktor virulensi yang lainnya.

Itulah sekilas 5 Fungsi Plasmid Pada Bakteri, terima kasih telah menyempatka membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami, dan anda bisa meninggalkan jejak pada komentar dibawah.

Baca Juga >>>


loading...