4 Fungsi Kapsul Pada Bakteri

4 Fungsi Kapsul Pada Bakteri

Posted on

4 Fungsi Kapsul Pada Bakteri – Kapsul bakteri merupakan Lapisan gelatin yang mencakup di seluruh bakteri, terdiri atas polisakarida (yakni poly : Banyak, Polisakarida: Berarti gula) (Pengecualian : Kapsul Bacillus anthracis terdiri atas asam D-glutamat terpolimerisasi).

4 Fungsi Kapsul Pada Bakteri

Komponen gula polisakarida bervariasi dalam spesies bakteri, yang menentukan jenis serologi mereka. Contohnya: Streptococcus pneumoniae mempunyai 84 (Delapan Puluh Empat) jenis serologi yang berbeda ditemukan sejauh ini.

Fungsi Kapsul Bakteri

1. Penentu virulensi : Kapsul anti fagositosis. Mereka membatasi kemampuan fagosi untuk menelan bakteri. Jika bakteri patogen ini kehilangan kapsul oleh mutasi, mereka tidak bisa mengakibatkan penyakit yaitu, perubahan bakteri patogenik.

2. Identifikasi bakteri :
a. Menggunakan anti serum spesifik terhadap kapsul polisakarida. Misalnya, reaksi Quellung
b. Karakteristik koloni dalam media kultur : organisme berkapsul membentuk koloni berlendir

3. Pengembangan Vaksin : polisakarida kapsuler ini digunakan sebagai antigen dalam vaksin tertentu. Misalnya, yakni : Polisakarida kapsuler dimurnikan dari 23 jenis pneumoniae hadir dalam vaksin saat ini.

4. Inisiasi infeksi : Kapsul dapat membantu organisme untuk mengikuti sel inang.

Contoh bakteri berkapsul:

a. Streptococcuspneumoniae
b. Neisseria meningitidis
c. Haemophilusinfluenzae

Banyak sel bakteri yang mengeluarkan beberapa bahan ekstraseluler dalam bentuk kapsul atau lapisan lendir. Lapisan lendir longgar terkait dengan bakteri dan bisa dengan mudah dibersihkan, sedangkan kapsul terpasang erat pada bakteri dan mempunyai batas-batas tertentu. Kapsul bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop cahaya dengan menempatkan sel-sel dalam suspensi tinta India. Kapsul termasuk tinta akan muncul seperti lingkaran cahaya yang jelas di sekitar sel-sel bakteri. Kapsul biasanya polimer dari gula sederhana (polisakarida), meskipun kapsul Bacillus anthracis terbuat dari asam polyglutamic.

Itulah sekilas penjelasan tentang 4 Fungsi Kapsul Pada Bakteri, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>