13 pengertian sistem informasi geografi (SIG) menurut para ahli

13 Pengertian Sistem Informasi Geografi (SIG)

Posted on

13 Pengertian Sistem Informasi Geografi (SIG) – Sistem Informasi Geografis atau dalam bahasa Inggris: Geographic Information System yang juga biasa disingkat GIS merupakan sistem informasi khusus dalam mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Atau dalam arti yang lebih sempit, ialah sistem komputer yang memiliki kemampuan dalam membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berefrensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi dengan menurut lokasinya, dalam sebuah database. Para praktisi ini juga memasukkan orang yang membangun dan mengoperasikannya serta data sebagai bagian dari sistem ini.

13 pengertian sistem informasi geografi (SIG) menurut para ahli

Teknologi Sistem Informasi Geografis ini bisa digunakan untuk investigasi ilmiah, pengelolaan sumber daya, perencanaan pembangunan, kartografi hingga perencanaan rute. Contohnya, SIG dapat membantu perencana secara cepat dalam menghitung waktu tanggap darurat saat terjadi bencana alam, atau SIG juga dapat digunaan untuk mencari lahan basah (wetlands) yang juga membutuhkan perlindungan dari polusi.

Adapun pengertian yang telah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa ahli yang memiliki beberapa pendapat tentang Pengertian dari Sistem Informasi Geografis ini.

Berikut ini beberapa Pengertian GIS dari beberapa Ahli:

1. Menurut Aronaff (1989)
Sistem Informasi Geografis merupakan sistem informasi yang didasarkan pada kerja komputer yang memasukkan, mengelola, memanipulasi & menganalisa data serta memberi uraian.

2. Menurut Burrough (1986)
Sistem Informasi Geografis merupakan alat yang bermanfaat untuk pengumpulan, penimbunan, pengambilan kembali data yang diinginkan & penayangan data keruangan yang berasal dari kenyataan dunia.

3, Menurut Kang-Tsung Chang (2002)
Sistem Informasi Geografis sebagai a computer system for capturing, storing, querying, analyzing, & displaying geographic data.

4. Menurut Murai (1999)
Sistem Informasi Geografis sebagai sistem informasi yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisis & menghasilkan data bereferensi geografis atau data geospatial, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam perencanaan & pengelolaan penggunaan lahan, sumber daya alam, lingkungan, transportasi, fasilitas kota, & pelayanan umum lainnya.

5. Menurut Marble et al (1983)
Sistem Informasi Geografis merupakan sistem penanganan data keruangan.

6. Menurut Bernhardsen (2002)
Sistem Informasi Geografis sebagai sistem komputer yang digunakan untuk memanipulasi data geografi. Sistem ini diimplementasikan dengan perangkat keras & perangkat lunak komputer yang berfungsi untuk akusisi & verifikasi data, kompilasi data, penyimpanan data, perubahan & pembaharuan data, manajemen & pertukaran data, manipulasi data, pemanggilan dan presentasi data serta analisa data

7. Menurut Gistut (1994)
Sistem Informasi Geografis merupakan sistem yang bisa mendukung pengambilan keputusan spasial & mampu mengintegrasikan deskripsi-deskripsi lokasi dengan karakteristik-karakteristik fenomena yang ditemukan di lokasi tersebut. Sistem Informasi Geografis yang lengkap mencakup metodologi & teknologi yang diperlukan, yaitu data spasial perangkat keras, perangkat lunak & struktur organisasi

8. Menurut Berry (1988)
Sistem Informasi Geografis merupakan sistem informasi, referensi internal, serta otomatisasi data keruangan.

9. Menurut Calkin dan Tomlison (1984)
Sistem Informasi Geografis merupakan sistem komputerisasi data yang penting.

10. Menurut Linden, (1987)
Sistem Informasi Geografis merupakan sistem untuk pengelolaan, penyimpanan, pemrosesan (manipulasi), analisis & penayangan data secara spasial terkait dengan muka bumi.

11. Menurut Alter
Sistem Informasi Geografis merupakan sistem informasi yang mendukung pengorganisasian data, sehingga dapat diakses dengan menunjuk daerah pada sebuah peta.

12. Menurut Prahasta
Sistem Informasi Geografis merupakan sejenis software yang dapat digunakan untuk pemasukan, penyimpanan, manipulasi, menampilkan, & keluaran informasi geografis berikut atribut-atributnya.

13. Menurut Petrus Paryono
Sistem Informasi Geografis merupakan sistem berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan, manipulasi dan menganalisis informasi geografi.

Dari definisi-definisi di atas dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Geografis merupakan pengelolaan data geografis yang didasarkan pada kerja komputer (mesin).

Itulah sekilas penjelasan tentang 13 pengertian sistem informasi geografi (SIG) menurut para ahli, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

9 Pengertian Jaringan Internet Menurut Para Ahli
10 Pengertian Website Menurut Para Ahli
Macam-Macam Perangkat Lunak (Software) dan Fungsinya