12 Pengertian Fungsi Sistem Informasi Akuntansi Menurut Para Ahli

12 Pengertian Fungsi Sistem Informasi Akuntansi Menurut Para Ahli

Posted on

12 pengertian Fungsi Sistem Informasi Akuntansi Menurut Para Ahli – SI atau Sistem Informasi merupakan kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam pengertian yang luas, sistem informasi merupakan istilah yang sering digunakan untuk merujuk pada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Dalam pengertian ini, istilah sistem informasi digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi atau TIK, akan tetapi juga sebagai cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi dalam mendukung proses bisnis.

12 Pengertian Fungsi Sistem Informasi Akuntansi Menurut Para Ahli

Beberapa hal yang membuat perbedaan jelas antara sistem informasi, dan sistem ICT komputer, serta proses bisnis. Sistem informasi berbeda dari teknologi informasi itu karena dalam sistem informasi biasanya terlihat seperti memiliki komponen TIK. Hal ini seperti ini utamanya karena berkaitan dengan tujuan pemanfaatan teknologi informasi. Sistem informasi juga hal yang berbeda dari proses bisnis. Sistem informasi membantu untuk mengontrol kinerja dalam proses bisnis.

Dengan begitu maka saling terkaitnya antara sistem informasi dengan sistem data pada satu sisi dan pada aktivitas di sistem lainnya. Sistem informasi merupakan suatu bentuk sistem komunikasi di mana data akan direpresentasikan lalu diproses sebagai bentuk memori sosial. Sistem informasi juga bisa dianggap sebagai bahasa semi formal yang mendukung orang dalam pengambilan keputusan serta tindakan.

Sistem informasi merupakan fokus utama dari studi untuk mendisiplinkan sistem informasi dan organisasi informatika. Sistem ini melaksanakan informasi dari manusia, perangkat lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi dan sumber data untuk mengumpulkan, mengubah, serta mendistribusikan informasi dalam sebuah organisasi. Sistem informasi merupakan suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, kegiatan manajerial dan strategis dari suatu organisasi serta menyediakan bagi pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

12 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli:

1. Mc Leod

Menurut Mc Leod, Sistem informasi merupakan suatu sistem yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi

2. Tata Sutabri, Kom., MM

Menurut Tata Sutabri, Kom., MM, Sistem informasi meupakan suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan dalam transaksi harian yang mendukung fungsi manajerial organisasi dalam kegiatan strategis dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan informasi kepada pihak luar tertentu dengan laporan – laporan yang diperlukan.

3. Erwan Arbie

Menurut Erwan Arbie, Sistem informasi merupakan suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, bantuan serta dukungan operasi, laporan ini bersifat manajerial dari suatu organisasi dan membantu memfasilitasi penyediaan laporan yang diperlukan.

4. Tafri D. Muhyuzir

Tafri D. Muhyuzir menjelaskan bahwa Sistem informasi merupakan data yang dikumpulkan, diklasifikasikan lalu diolah menjadi sedemikian rupa sehingga dapat menjadi sebuah informasi entitas terkait tunggal dan mendukung satu sama lain sehingga menjadi informasi berharga bagi mereka yang menerimanya.

5. O’Brien

O’Brien mengemukakan Sistem informasi merupakan kombinasi dari setiap unit dikelola orang, hardware atau perangkat keras, software atau perangkat lunak, jaringan komputer dan jaringan komunikasi data atau komunikasi, dan database atau basis data yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi tentang yang bentuk organisasi.

6. Menurut Leitch Rosses

Sistem informasi express menurut Leitch Rosses merupakan suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolah transaksi harian, mendukung kegiatan operasi, serta manajerial dan strategis dari suatu organisasi lalu menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

7. Menurut Lani Sidharta

Sistem informasi menurut Lani Sidharta ialah suatu sistem buatan manusia yang berisi tentang serangkaian laporan terpadu dari komponen – komponen dan manual bagian dan komponen terkomputerisasi yang bertujuan untuk mengumpulkan data, mengolah data, dan menghasilkan informasi bagi pengguna.

8. Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis

Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis mengemukakan Sistem informasi merupakan suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan antara kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, kegiatan manajerial serta strategis dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

9. Gordon B. Davis (1991: 91)

Menurut B. Davis, sistem informasi ialah suatu sistem yang menerima input data dan instruksi, mengolah data sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya.

10. John F. Nash (1995: 8)

Sistem informasi menurut John F. Nash ialah Sistem Informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mengatur sebuah jaringan komunikasi yang penting, proses transaksi tertentu serta rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat.

11. Menurut Kertahadi (2007)

Kertahadi menuturkan bahwa Sistem informasi merupakan alat untuk menyajikan informasi sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya. Tujuannya ialah untuk memberikan informasi dalam perencanaan, memulai, mengelompokan, operasional sebuah perusahaan yang melayani sinergi organisasi dalam proses mengendalikan pengambilan keputusan.

12. Rommey (1997: 16)

Menurut Rommey, Sistem informasi yang diselenggarakan cara untuk mengumpulakn, memasukkan, mengolah, dan menyimpan data dan terorganisir cara untuk menyimpan, mengelola, mengendalikan lalu melaporkan informasi dengan cara yang suatu organisasi dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Komponen Sistem Informasi

Komponen ini terdiri dari komputer, instruksi, fakta yang tersimpan, manusia dan prosedur. SI dapat dikategorikan dalam empat bagian, yakni:

  • Sistem Informasi Manajemen
  • Sistem Pendukung Keputusan
  • Sistem Informasi Eksekutif
  • Sistem Pemrosesan Dalam Transaksi
  • Fungsi Dari Sistem Informasi
  • Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji dengan tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara dalam sistem informasi.
  • Menjamin tersedianya kualitas serta keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
  • Mengembangkan proses perencanaan dengan cara yang efektif.
  • Mengidentifikasi segala kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan dalam pendukung sistem informasi.
  • Menetapkan besaran investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
  • Mengantisipasi dan memahami akan konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.
  • Memperbaiki sistem produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.

Itulah sekilas penjelasan tentang 12 pengertian Fungsi Sistem Informasi Akuntansi Menurut Para Ahli, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

4 Pengertian Akuntansi Syariah Menurut Para Ahli
3 Jenis Aktiva (Assets) Beserta Contoh dan Pengertian Lengkap
10 Contoh Bukti Transaksi Dan Pengertian Transaksi Terlengkap