Contoh Surat Resmi Yang Baik dan Benar

Contoh Surat Resmi Yang Baik dan Benar

Posted on

Seputarpendidikan.com – Dalam suatu instansi pasti mempunyai surat resmi yang digunakan untu menyampaikan pesan ataupun dalam menyampaikan kegitan atau aktivitas yang bersifat resmi. Surat resmi meupakan media komunikasi yang memberikan informasi kepada pihak lain yang dapat dimintai pertanggungjawaban dan keabsahannya secara hukum. Seperti surt resmi perusahaan, surat pemberitahuan, surat permohonan, sekolah dan lainnya.

Contoh Surat Resmi Yang Baik dan Benar

Walau zaman sekarang surat sudah jarang digunakan dalam hal pribadi karena hampir semua orang sudah memakai pesan singkat melalui ponsel, akan tetapi untuk kegiatan yang bersifat resmi atau formal yang dilakukan instansi seperti sekolah, OSIS, kerja sama bisnis antar perusahaan dan lain – lain pasti menggunaan surat resmi. Jadi dalam penggunaannya surat resmi lebih diutamakan pada kegiatan atau aktivitas yang bersifat formal.

Contohnya, saat kita harus membuat surat resmi ketika pihak perusahaan ingin mengundang pertemuan dengan beberapa perusahaan lain. Surt dengan topik tertentu akan sangat bermanfaat dan memudahkan bagi penerima surat untuk mengetahui dan memahami kegiatan yang ingin dilakukan. Pihk lain juga dapatmelakukan pertimbangan apakah akan menerima undangan tersebut atau tidak.

Ciri – ciri dari surat resmi:

  1. Surat menggunakan bahasa baku
  2. Terdapat kop surat
  3. Tanggal surat alamat tujuan
  4. Memiliki nomor pengarsipan
  5. Hal, yakni pemberitahuan mengenai isi surat
  6. Harus ditandatangani dan dibubuhi stempel instansi atau badan perusahaan
  7. Terdapat tembusan surat (bila perlu)

Contoh Surat Resmi Dari Orang Tua Murid Untuk Sekolah

Bandar Lampung, 2 Agustus 2016
Yh. Bapak/Ibu Guru Wali Kelas
di
Tempat

Dengan hormat, saya yang bertanda tangan dibawah ini selaku orang tua dari:

Nama : Ahmad Darmawan
Kelas : XII IPA 3

Dengan ini memberitahukan bahwa anak saya tidak dapat mengikuti pelajaran dan mengikuti pelajaran Bapak dan Ibu sepenuhnya karena sedang tidak sehat atau sakit.

Karena itu saya moon Bapak dan Ibu dapat memberikan izin dan memaklumi ketidakhadiran anak saya hari ini. Ata izin Bapak dan Ibu saya uacapkan terimakasih.

Ttd

(Nama Orang Tua)

Untuk membuat surat resmi sebenarnya mudah, kita hanya perlu memahami apa saja kaidah penulisan yang harus dituangkan dan membuat dengan kata – kata yang baik, sopan dan baku, sehingga surat yang kita kirim diterima dengan baik.

Itulah sekilas contoh surat resmi yang baik dan benar, terima kasih telah menyempatka membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami, dan anda bisa meninggalkan jejak pada komentar dibawah.

Baca Juga >>>