Ciri-Ciri Bakteri Secara Umum

Ciri-Ciri Bakteri Secara Umum

Posted on

Seputarpendidikan.com – Ada 10 kali lebih banyak sel bakteri dalam tubuh daripada sel-sel manusia. Dan beberapa karakteristik yang sangat penting yang menentukan bentuk yang berbeda, struktur dinding sel, respon terhadap oksigen serta cara-cara mereka memperoleh energi mereka.

Ciri-Ciri Bakteri Secara Umum

A. Bentuk dan Ukuran

Kebanyakan dari bakteri mempunyai bentuk seperti batang, bulat ataupun spiral. Dan bentuk yang sangat jarang atau langka dari bakteri vibrio, yang terlihat seperti koma. Bakteri biasanya memiliki panjang yang berukuran beberapa mikron. Jika kita mengumpulan bakteri 1.000 berbaris dari ujung ke ujung, maka kita akan melihat panjangnya hanya satu garis pada penggaris.

B. Struktur Dinding sel

Bakteri di klasifikasikan oleh struktur dinding sel yang berbeda yaitu. “Gram stain” Bakteri mempunyai dinding sel yang di definisikan oleh serangkaian pereaksi noda. “Gram negatif” bakteri mempunyai lapisan tipis dinding & membran luar yang menyerupai noda merah. “Gram positif” bakteri mempunyai lapisan dinding tebal, noda ungu & tidak memiliki membran luar.

C. Gas oksigen

Bakteri bereaksi terhadap gas oksigen di salah satu dari 3 (tiga) cara. Bakteri aerobik membutuhkan sumber terus-menerus oksigen untuk bisa bertahan hidup. Bakteri anaerob merupakan kebalikan yang membuat gas oksigen membunuh mereka. Dan sebaliknya, mereka memperoleh energi mereka dari senyawa lain. Fakultatif anaerob dapat bertahan hidup dengan atau tanpa oksigen, akan tetapi lebih memilih untuk berada di lingkungan oksigen.

D. Energi

Bakteri memperoleh energi dari berbagai sumber. Heterotrof memperoleh energi dengan cara mengkonsumsi serta melakukan pemecahan senyawa organik kompleks lainnya. Autotrophs menciptakan energi melalui fotosintesis atau kemosintesis. Bakteri hijau & ungu dan cyanobacteria merupakan contoh bakteri yang menggunakan fotosintesis.

Dan berikut merupakan Ciri-ciri lain dari Bakteri:

1. memiliki inti sel, namun tidak bermembran yang dikenal dengan prokariotik. Jadi semua bakteri itu tidak memiliki membran inti sel.

2. Bakteri memiliki kemampuan reproduksi yang sangat cepat, hal ini dapat dimanfaatkan oleh industri untuk memanfaatkan jasa mikroorganisme, dan contohnya fermentasi, pembuatan biogas serta pemanfaatan bakteri dalam pembuatan nata de coco.

3. Bakteri aktif bergerak pada kondisi lembab. Dan pada keadaan kekurangan air, bakteri akan tidak aktif bahkan dapat menyebabkan kematian.

4. Bakteri merupakan organisme mikroskopis dan rata-rata berukuran 1-5 mikron. Dapat dilihat dengan mikroskop cahaya. Bakteri yang terkecil ialah Mycoplasma, yang berukuran 0,12 mikron. Dan sedangkan bakteri terbesar ialah Thiomargarita, yang berukuran 200 mikron.

5. Tubuh uniseluler (bersel satu).

6. Tidak berklorofil (meskipun begitu ada beberapa dari jenis bakteri yang memiliki pigmen seperti klorofil sehingga mampu berfotosintesis dan hidupnya autotrof).

7. Reproduksi dengan cara membelah diri (dengan pembelahan biner).

8. Habitat dari bakteri yaitu hidup dimana-mana (tanah, air, udara, mahluk hidup).

Sekian dulu penjelasan tentang Ciri-Ciri Bakteri Secara Umum semoga artikel ini membantu adik-adik semua. Terima Kasih.

Baca Juga >>>