Arti Tanda Tangan dan Fungsinya

Arti Tanda Tangan dan Fungsinya

Posted on

Arti Tanda Tangan dan Fungsinya – Apakabar sahabat seputarpendidikan, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang arti tanda tangan dan fungsinya, dan berikut merupakan ulasan dari arti tanda tangan dan fungsinya:

Arti Tanda Tangan dan Fungsinya

A. Definisi Tanda Tangan

Tanda tangan atau dalam Inggris signature yang juga berasal dari kata Latin signare yang berarti “tanda” atau Paraf merupakan tulisan tangan atau goresan tinta dari tangan, kadang-kadang diberi gaya tulisan tertentu dari nama seseorang atau tanda identifikasi lainnya yang ditulis pada dokumen sebagai suatu sebuah bukti dari identitas dan kemauan.

Adapun Menurut Yahya harahap (2001: 544), beliau mengemukakan bahwa pengertian dari tanda tangan dan dokumen tertulis lainnya tidak mesti diatas kertas yang kemudian dapat menjadi bukti tertulis, tetapi hal itu hanyalah berlaku bagi negara yang menganut sistem pembuktian terbuka. Oleh karena foto dan peta yang melukiskan suatu tempat hingga saat ini masih sangat sulit untuk dijadikan sebaga alat bukti dalam hukum acara perdata.

B. Fungsi Tanda Tangan

Fungsi tanda tangan di dalam suatu surat adalah untuk dapat memastikan identifikasi atau menentukan kebenaran ciri-ciri dari penandatangan. Sekaligus pendatangan menjamin keberadaan dari isi yang tercantum dalam tulisan tersebut.

Berdasarkan praktik dalam kebiasaan untuk dapat melahirkan perjanjian melalui putusan HR yang dikemukakan oleh Pitlo (Yahya Harahap, 2005: 561) terdapat berbagai bentuk tanda tangan yang dapat dibenarkan oleh hukum antara lain:

  1. Menuliskan nama penanda tangan dengan atau tanpa menambah nama kecil.
  2. Tanda tangan dengan cara menuliskan nama kecil saja dianggap cukup.
  3. Ditulis tangan oleh sang penanda tangan, dan tidak dibenarkan dengan stempel huruf cetak.
  4. Dibenarkan mencantumkan kopi tanda tangan si penanda tangan dengan syarat, yaitu: Orang yang mencantumkan kopi itu, berwenang untuk itu dalam hal ini orang itu sendiri, atau Orang yang mendapat mandat atau kuasa dari si pemilik tanda tangan.
  5. Dapat juga mencantumkan tanda tangan dengan mempergunakan karbon.

Itulah sekilas arti tanda tangan dan fungsinya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami, dan anda bisa meninggalkan jejak pada komentar dibawah.