Pengertian, Klasifikasi, dan Manfaat Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta)

Pengertian, Klasifikasi, dan Manfaat Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta)

Posted on

Pengertian, Klasifikasi, dan Manfaat Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta) – Spermatophyta? Jenis Tumbuhan ini ialah Tumbuhan berpembuluh (Trakheophyta), di sebabkan karena memiliki batang, akar, dan daun sejati.

Pengertian, Klasifikasi, dan Manfaat Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta)

A. Pengertian Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta)

Spermatophyta atau juga sering disebut tumbuhan berbiji, merupakan suatu jenis tumbuhan yang berpembuluh (Trakheophyta) karena memiliki biji, adalah salah satu ciri khas dari tumbuhan berbiji (Spermatophyta). dan bunganya sebagi alat reproduksi serta untuk menghasilkan suatu biji. Pada suatu bagian bunga yang akan menghasilkan gamet jantan yang disebut benangsari dan yang menghasilkan gamet betina yang disebut dengan putik. Perkembangbiakannya secara seksual dengan biji. Didalam biji terdapat embrio/lembaga (calon tumbuhan baru).

B. Klasifikasi Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta)

1. Gymnospermae (Tumbuhan biji terbuka)
Gymnospermae tidak mempunyai bunga yang sesungguhnya atau yang asli, serta Biji yang tidak terbungkus daun buah. Biji disini sebagai alat perkembangbiakan yang berbentuk kerucut yang disebut strobilus. strobilus sendiri terbagi menjadi 2, yakni strobilus jantan dan strobilus betina. Dan Gymnospermae terbagai menjadi 4 kelas yaitu :

  • Cycadinae, contohnya Cycas rumphii (pakis haji)
  • Ginkgoinae, contohnya Ginkgo biloba
  • Ginkgoinae, contohnya Ephedra aitilis’, Gnetum gnemon (melinjo)’
  • Coniferinae, contohnya Agathis alba (damar), Podocarpacus sp, Pinus merkusii

2. Angiospermae (Tumbuhan biji Tertutup)
Angiospermae atau juga sering disebut tumbuhan biji tertutup memiliki bunga sejati sebagi alat reproduksi. bakal bijinya diselubungi daun buah / atau biasa disebut daging buahnya. Bunga-bunga pada angiospermae ada yang lengkap dan adapun yang tidak lengkap. Bunga lengkap memiliki kelopak bunga, mahkota bunga, putik, dan benang sari. Biji terbungkus bakal buah. Setelah terjadi pembuahan, bijinya berkembang sehingga mengandung kandungan lembaga (embrio) dan endosperma (cadangan makanan). Angiospermae sendiri terbagai menjadi dua kelas, yaitu :

– Kelas Dicotyledoneae, Tanaman yang berupa semak, perdu, herba, ataupun pohon. Berkeping dua (Mempunyai dua daun lembaga), akar tunggang, batang kerucut panjang, bercabang, serta berkambium. Daun tunggal atau majemuk, jarang berpelepah, tulang daun menyirip, atau menjari, dan bunga bersifat kelipatan 2 (dua), 4 (empat), atau 5 (lima). Bisa mengalami pertumbuhan sekunder (pertumbuhan melebar). contohnya yaitu Mangifera indica (mangga), Manihot utillisima (Ketela pohon), dan Psidium guajava (jambu biji).

– Kelas Monocotyledoneae, berbiji tunggal (hanya mempunyai satu daun lembaga), berakar serabut, batang sama besar dan tidak bercabang. Daun tunggal berpelepah, bertulang sejajar, bunga berkelipatan 3 (tiga / trimer), akar dan batang tidak berkambium, xilem dan floem tersebar. Contohnya Oryza sativa (padi), Zea mays (jagung), dan Cocos nucifera (kelapa).

C. Manfaat Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta)

– Sebagai makanan pokok, contohnya seperti: gandum, jagung, padi, dan sagu.
– Untuk sayuran, sebagi sumber serat serta sumber portein. contohnya seperti: Kacang, tomat, kol, wortel, kentang.
– Sebagai bahan sandang. contohnya seperti: rami dan kapas.
– Untuk bahan bangunan serta perabotan. Contohnya : jati, meranti, dan sana keling.
– Sebagai bahan obat-obatan. contohnya seperti: kumis kucing, mengkudu, daun dewa, dan adas.
– Sebagai peneduh, penyimpan air, penyerap karbon dioksida serta sumber oksigen. contohnya seperti: angsana, jati, mahoni, dan pinus.
– Untuk Dekorasi, upacara adat, keagamaan, serta kosmetik. contohnya seperti: Berbagai bunga.

sekian ulasan tentang Pengertian, Klasifikasi, dan Manfaat Tumbuhan Berbiji (Spermatophyta). Semoga bermanfaat bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.