14 Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli
14 Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli

14 Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli

Posted on

14 Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli – Kepribadian merupakan keseluruhan cara dari seorang individu bereaksi dan berinteraksi dengan individu yang lain. Kepribadian sering dideskripsikan dalam istilah sifat yang bisa diukur ditunjukkan oleh seseorang.

Disamping itu kepribadian juga sering diartikan sebagai ciri-ciri yang paling menonjol pada diri seorang individu, seperti kepada orang yang pemalu dan dikenakan atribut “berkepribadian pemalu”. Begitu juga kepada orang supel dan diberikan atribut “berkepribadian supel” serta kepada orang yang plin-plan, pengecut, atau semacamnya dan diberikan atribut “tidak punya kepribadian”.

14 Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli
14 Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli

Adapun berdasarkan pemikiran ahli yang memiliki pandangan yang berbeda, namun dalam tujuan yang sama dalam mengartikan kepribadian:

1. Gordon Allport, menyatakan bahwa kepribadian itu sebagai suatu organisasi (berbagai aspek psikis dan fisik) yang merupakan suatu struktur yang sekaligus proses. Jadi, kepribadian itu merupakan sesuatu yang bisa berubah. Secara eksplisit Allport menyebutkan, bahwa kepribadian secara teratur tumbuh dan mengalami perubahan.

2. Koentjaraningrat, Menurutnya Kepribadian merupakan beberapa ciri dari watak yang diperlihatkan oleh seseorang secara lahir, konsisten, dan konsukuen. Setiap manusia itu melakukan proses sosialisasi. Proses sosialisasi ini berlangsung selama manusia itu masih hidup didunia. Kepribadian seseorang individu bisa terbentuk dalam bertingkah laku, sehingga individu tersebut memiliki identitas khusus yang berbeda dengan orang lain.

3. George Herbert Mead, Menurutnya kepribadian merupakan tingkah laku manusia dalam berkembang, melalui perkembangan diri. Perkembangan dari kepribadian dalam diri seseorang ini berlangsung seumur hidup. Menurutnya, manusia akan berkembang secara bertahap dengan interaksi dengan anggota masyarakat.

4. Theodore M Newcombe, Menurutnya kepribadian merupakan organisasi sikap-sikap yang dimiliki oleh seseorang sebagai latar belakang terhadap prilaku.

loading...

5. Roucek dan Warren, Menjelaskan kepribadian merupakan organisasi faktor-faktor sosiologis, psikologis, serta biologis yang didasari oleh prilaku individu.

6. Yinger, Menurutnya kepribadian merupakan keseluruhan tingkah laku dari seseorang dengan suatu sistem kecenderungan tertentu yang berinteraksi dengan serangkaian situasi.

7. Robert Sutherland, Menurutnya kepribadian merupakan abstraksi individu dan kelakuannya yang sebagaimana halnya sama lingkungan masyarakat dan kebudayaan. Maka dari itu kepribadian digambarkan sebagai suatu hubungan saling memengaruhi antara tiga aspek tersebut.

8. M.A.W. Brower, menurutnya kepribadian merupakan corak tingkah laku sosial dari seorang individu yaitu meliputi keinginan, opini, dorongan, dan kekuatan, serta prilaku-prilaku seseorang.

9. Roucek dan Warren, Menjelaskan kepribadian ialah sebagai kelompok faktor-faktor psiologis, biologis, dan sosiologis yang didasari dari prilaku individu itu sendiri. Faktor-faktor biologis tersebut juga meliputi keadaan fisik, watak, seksual, sistem saraf, proses pendewasaan individu yang bersangkutan, serta juga kelainan-kelainan biologis lainnya.

10. Horton, menurutnya kepribadian merupakan keseluruhan sikap, perasaan, ekspresi, dan temperamen seseorang. Sikap, perasaan, ekspresi, dan temperamen itu akan terwujud dalam tindakan dari seseorang jika dihadapkan pada situasi tertentu.

11. Schaefer dan Lamm, mendefinisikan kepribadian sebagai keseluruhan pola sikap, kebutuhan, cirri-ciri khas, dan perilaku seseorang.

12. Atkinson, menjelaskan bahwa kepribadian merupakan pola dari perilaku dan cara berpikir khas, yang menentukan penyesuaian diri individu terhadap lingkungan. Kepribadian juga mencakup kepribadian umum yang dapat diamati oleh orang lain serta kepribadian yang terdiri dari pikiran dan pengalaman yang jarang diungkapkan.

13. Kimmel, mengatakan bahwa meskipun terdapat beberapa definisi kepribadian yang berbeda, namun hampir dari semua teori tersebut menekankan definisi kepribadian pada 3 (tiga) karakteristik utama, yaitu:

  1. Kepribadian merefleksikan keunikan dari individu sebagai person
  2. Teori- teori dari kepribadian memfokuskan pada sifat-sifat individu yang cukup stabil selama periode waktu yang lama dalam situasi yang berbeda -beda
  3. Kepribadian itu dilihat sebagai hubungan antara individu dengan lingkungan fisik serta sosialnya, dalam pengertian bahwa kepribadian tersebut merefleksikan pola-pola atau cara-cara individu beradaptasi dengan lingkungan.

14. Menurut Hjelle & Ziegler, perbedaan pendapat mengenai definisi kepribadian tersebut terjadi karena kepribadian yang dipahami, dan perbedaan antara teori kepribadian itu memperlihatkan mengenai perbedaan pandangan asumsi-asumsi dasar manusia.

Itulah sekilas pengertian dari Kepribadian, semoga artikel diatas bermanfaat dan sampai jumpa lagi.