Pengertian Media Informasi Menurut Para Ahli
Pengertian Media Informasi Menurut Para Ahli

Pengertian Media Informasi Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Media Informasi Menurut Para Ahli – Media informasi dapat disimpulkan sebagai alat untuk mengumpulkan serta menyusun kembali sebuah informasi sehingga menjadi bahan yang bermanfaat bagi penerima informasi, adapun penjelasan Sobur (2006) media informasi merupakan “alat-alat grafis, fotografis atau elektronis untuk menangkap, memproses, serta menyusun kembali informasi visual”.

Pengertian Media Informasi Menurut Para Ahli
Pengertian Media Informasi Menurut Para Ahli

Jenis-jenis Media Informasi sebagai alat yang dapat menyampaikan suatu informasi harus tepat sasaran agar dapat tersampaikan dengan baik pada target sasaran sehingga bisa bermanfaat bagi pembuat maupun penerima informasi.

Media informasi dapat dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu :

1. Media Lini Atas, Merupakan media yang tidak langsung bersentuhan dengan target audiens serta jumlahnya terbatas tetapi jangkauan target yang luas, seperti billboard, iklan televis, iklan radio, dan masih banyak lagi.

2. Media Lini Bawah, atau Suatu media iklan yang tidak disampaikan atau disiarkan melalui media massa serta jangkauan target hanya berfokus pada satu titik atau daerah, seperti brosur. Poster, flyer, Sign System dan masih banyak lagi.

3. Media Cetak dapat berupa brosur, Koran, majalah, poster,pamphlet, spanduk, dan masih banyak lagi

4. Media Elektronik Media ini dapat disampaikan melalui radio, kaset, kamera,handphone, dan internet.

Dan untuk lebih jelasnya kami telah merangkum beberapa pendapat ahli tentang media informasi :

1. Komponen strategi penyampaian yang dapat di muati pesan yang akan disampaikan kepada pembelajar bisa berupa alat, bahan, dan orang (Degeng, 1989:142)

loading...

2. Media sebagai segala sesuatu yang bisa dipergunakan untuk menyalurkan pesan dan pengirim pesan kepada penerima pesan, agar dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa, sehingga proses belajar mengajar berlangsung dengan efektif serta efesien sesuai dengan yang diharapkan (Sadiman,dkk., 2002:6)

3. Alat yang secara fisik dipergunakan untuk menyampaikan isi materi, yang terdiri antara lain yaitu buku, tape-recorder, kaset, video kamera, video recorder, film, slide, foto, gambar, grafik, televisi, dan komputer (Gagne dan Briggs dalam Arsyad, 2002:4)

Itulah sekilas ulasan tentang Media Informasi, semoga ulasan dari artikel diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa lagi.