12 Pengertian Strategi Menurut Para Ahli
12 Pengertian Strategi Menurut Para Ahli

12 Pengertian Strategi Menurut Para Ahli

Posted on

12 Pengertian Strategi Menurut Para Ahli – Strategi merupakan teknik untuk mendapatkan kemenangan (victory) pencapaian tujuan (to achieve goals). Untuk lebih jelasnya kami telah merangkum beberapa pengertian strategi menurut para ahli, berikut ulasannya:

12 Pengertian Strategi Menurut Para Ahli
12 Pengertian Strategi Menurut Para Ahli

Pengertian Strategi Menurut Para Ahli

1. Menurut Pearce dan Robinson, mendefinisikan Strategi merupakan ‘rencana main’ suatu perusahaan. Strategi sendiri mencerminkan kesadaran perusahaan mengenai bagaimana, kapan & di mana ia harus bersaing menghadapi lawan serta dengan maksud dan tujuan untuk apa.

2. Carl Von Clausewitz menurutnya Stategi merupakan pengetahuan tentang penggunaan pertempuran untuk memenangkan sebuah peperangan. Dan perang itu sendiri merupakan kelanjutan dari politik.

3. A.Halim menurutnya strategi itu merupakan suatu cara dimana sebuah lembaga atau organisasi akan mencapai suatu tujuannya sesuai peluang & ancaman lingkungan eksternal yang dihadapi serta kemampuan internal dan sumber daya.

4. Morrisey mendefinisikan bahwa strategi merupakan proses untuk menentukan arah yang harus dituju oleh suatu perusahaan supaya dapat tercapai segala misinya.

5. Siagaan mendefinisikan Strategi merupakan serangkaian keputusan serta tindakan yang mendasar dan dibuat oleh menejemen puncak & diterapkan seluruh jajaran dalam suatu organisasi demi pencapaian tujuan organisasi tersebut.

6. Kaplan dan Norton mereka mendefinisikan bahwa Strategi merupakan seperangkat hipotesis dalam suatu model hubungan cause & effect yaitu suatu hubungan yang bisa diekspresikan dengan hubungan antara if & then.

7. Syafrizal menurutnya bahwa strategi merupakan suatu cara untuk mencapai sebuah tujuan dengan berdasarkan analisa terhadap faktor eksternal dan internal.

8. Rangkuti, menjelaskan bahwa strategi merupakan alat untuk mencapai tujuan.

9. Craig dan Grant Menurut mereka strategi merupakan penetapan tujuan & sasaran dalam jangka panjang (Targeting and long-term goals).

10. Johnson dan Scholes, yang dimaksud strategi merupakan arah & ruang lingkup dari sebuah organisasi atau lembaga dalam jangka panjang, yang mencapai keuntungan dengan melalui konfigurasi dari sumber daya dalam lingkungan yang menantang, demi memenuhi kebuthan pasar & suatu kepentingan.

11. Anthony dan Govindarajan juga menambahkan bahwa perencanaan strategi itu merupakan suatu proses dalam manajemen yang sistematis yang didefinisikan sebagai proses dalam pengambilan keputusan atas program-program yang akan dilaksanakan oleh organisasi & perkiraan sumber daya yang akan dialokasikan dalam setiap program selama beberapa tahun mendatang.

12. Menurut Henry Mintzberg, menyatakan pengertian strategi terbagi atas 5 definisi yaitu strategi sebagai rencana, strategi sebagai pola, strategi sebagai posisi (positions), strategi sebagai taktik (ploy) dan terakhir strategi sebagai perpesktif.

Itulah sekilas pengertian srategi, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.